Hadapi Masa Kampanye, Bawaslu Kota Payakumbuh Punya Tim Patroli Media Sosial

PENGAWASAN PARTISIPATIF— Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh Aan Muharman, saat membuka acara Rapat Pengawasan Partisipasipatif Isu-Isu Negatif Pada Pemilihan serentak Nasional 2024.

PAYAKUMBUH, METRO–Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, Aan Muharman, me­nye­but untuk menghadapi masa kampanye pasangan calon waliKota dan Wakil Walikota Payakumbuh pada pemilihan serentak nasional 2024, sudah membentuk tim patroli media sosial.

“Kita mengajak seluruh masyarakat Kota Payakumbuh untuk ikut melakukan pengawasan partisipatif pada pemilihan serentak nasional tahun 2024 ini. Dan kita sudah membentuk tim patroli media sosial,” ungkap Aan Muharman, pada kegiatan Rapat Pengawasan Partisipasipatif Isu-Isu Negatif Pada Pemilihan serentak Nasional 2024, di Hotel Mangkuto, Selasa (24/9).

Kegiatan yang melibatkan berbagai unsur masyarakat, diantaranya Niniak mamak, Bundo Kanduang, Organisasi Kepemudaan dan Kema­sya­rakatan, Polisi, Kejaksaan serta Kesbangpol, dikatakan Aan Muharman, tidak boleh kampanye hoak dan black campaign atau kampanye hitam termasuk di media sosial.

Dia juga mengingatkan jajarannya mulai dari Panwascam hingga Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) untuk meningkatkan pengawasan, termasuk di Media Sosial. Karena dengan telah ditetapkannya pasangan calon dan pengundian nomor urut pasangan calon oleh KPU, maka aturan terkait kepemiluan sudah berlaku.

“Kami terus ajak jajaran hingga PKD untuk meningkatkan pengawasan, termasuk di Media Sosial, baik black campaign maupun penyebaran hoax/berita bohong, sehingga terwujud Pilkada Badunsanak di Kota Payakumbuh. Kita juga buka Hotline di nomor 08952­30239670 dan  posko pengaduan,” sebutnya.

Sebelummya, Ketua panitia yang juga sekretaris Bawaslu Kota Payakumbuh, Syafrial, menyebut Bawaslu sengaja  mengundang berbagai unsur masyarakat dalam kegiatan tersebut untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan serentak Nasional atau Pilkada yang akan digelar 27 November nanti.

“Kegiatan yang kita gelar atau laksanakan hari ini untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan partisipasi ma­sya­rakat dalam Pemilihan serentak Nasional atau Pilkada yang akan digelar 27 November nanti,” ucapnya.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa dengan terus meningkatnya partisipasi berbagai masyarakat dalam Pemilihan serentak Nasional atau Pilkada Kota Payakumbuh, diharapkan akan tercapai pemilu yang demokratis, jujur dan adil.

“Dengan terus meningkatnya/maksimal partisipasi berbagai masyarakat dalam Pemilihan serentak Nasional atau Pilkada Kota Payakumbuh, diharapkan akan tercapai pemilu yang demokratis, jujur dan adil,” harapnya. (uus)

Exit mobile version