Kualifikasi Piala Asia U-16 2020, Jangan Remehkan Lawan, Semua Pertandingan Penting

JAKARTA, METRO – Timnas Indonesia U-16 akan melawan Filipina pada laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020. Dalam Grup G diisi oleh Indonesia, Filipina, Korea Utara, China dan Kepulauan Mariana Utara.
Indonesia bertindak sebagai tuan rumah Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.Timnas U-16 Indonesia akan melawan Filipina pada di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Senin (16/9/2019).
Jelan melawan Filipina, pelatih timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti memberikan tanggapannya. “Secara umum kami sudah siap untuk pertandingan kualifikasi ini. Pemain sudah punya banyak pengalaman, selama AFF kemarin dan beberapa kali uji coba di Myanmar dan Qatar,” kata Bima dalam sesi jumpa pers sebelum laga, Jumat (13/9), dikutip BolaSport.com dari laman resmi PSSI.
Menurut Bima dari beberapa laga uji coba, skuat timnas U-16 Indonesia bisa mendapatkan pengalaman dan pembelajaran. Selain itu jangan pernah menganggap remeh lawan, sebab semua pertandingan penting di grup ini. “Sejumlah laga uji coba itu sangat berharga untuk kualifikasi Piala Asia nanti. Semoga kami bisa memberikan yang terbaik,” ujar Bima Sakti.
“Yang pasti, kita sebagai tuan rumah ingin selalu memenangkan pertandingan, karena saya yakin dengan kemampuan pemain dan kita juga sengaja memilih pemain-pemain yang multifungsi,” ujarnya.
Skuat timnas U-16 Indonesia pun telah menjalani latihan perdana jelang pertandingan melawan Filipina, Stadion Madya, Senin (16/9/2019).
Bima Sakti mengatakan pada latihan perdana itu, ia sedang memperbaiki transisi negatif dan penyelesaian akhir.
“Latihan tadi pagi, kami memperbaiki penyelesaian akhir. Saya juga menekankan tadi ada transisi dari menyerang ke bertahan kemudian sebaliknya, karena ini memang jadi catatan saya dari beberapa turnamen terakhir yang kami ikuti,” kata Bima.
“Mereka juga bukan posisi sayap dan depan saja, bisa juga di full back, mereka juga bisa banyak di posisi. Dan sebagian besar dari mereka, merupakan pemain-pemain yang bermain di AFF lalu,” ujarnya.
Bima menginginkan pemainnya bisa memanfaatkan kelebihan yang dimiliki, yakni kecepatan. “Kami tekankan kepada mereka harus bisa memaksimalkan kelebihan-kelebihan yang mereka miliki. Mereka memiliki kecepatan dan harus aktif begitu habis menyerang, mereka harus cepat dalam melakukan pertahanan, itu akan jadi kunci dari permainan kami,” ujarnya.
Pelatih timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, menegaskan tekadnya pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-16 2020. Timnas U-16 Indonesia adalah tuan rumah Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.
Timnas U-16 Indonesia tergabung bersama timnas U-16 Filipina, timnas U-16 China, timnas U-16 Brunei, dan timnas U-16 Marianan Utara. Timnas U-16 Indonesia akan memainkan laga pertamanya kontra timnas U-16 Filipina di Stadion Madya, Jakarta, Senin (16/9/2019).
“Yang pasti, kami sebagai tuan rumah ingin selalu memenangi pertandingan dan kami juga sengaja memilih pemain-pemain yang berposisi sayap,” kata Bima Sakti, Jumat (13/9/2019).
“Selain itu juga penyerang dan mereka juga bukan hanya posisi sayap dan depan saja, bisa juga di full back, mereka juga bisa main di banyak posisi,” ujar Bima.
Bima Sakti memastikan bahwa anak-anak asuhnya sudah siap tempur untuk melakoni laga pertama berbekal berbagai persiapan panjang yang telah dilakukan.
Sebelumnya, tim asuhan Bima Sakti sudah pernah tampil di Piala AFF U-15 2019 dan juga beberapa turnamen di Myanmar dan Qatar. “Kualitas permainan mereka baik. Mereka juga bisa melakukan adaptasi dengan latihan yang kami berikan dengan sangat baik,” tutur Bima Sakti. (*/boy)

Exit mobile version