Selain terkenal sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa, Ronaldo juga dikenal sebagai ikon global di dunia bisnis dan media sosial.
Dengan lebih dari 504 juta followers di Instagram, Ronaldo terus memanfaatkan popularitasnya untuk menambah pundi-pundi kekayaan melalui kontrak iklan dan endorsement.
Bukan rahasia lagi, Ronaldo memiliki banyak kontrak iklan dengan berbagai merek ternama, mulai dari Armani, Herbalife, Clear, Livescore, Jacob & Co, hingga TAG Heuer.
Salah satu kontrak paling menggiurkan adalah kesepakatan seumur hidupnya dengan Nike, yang bernilai lebih dari USD1 miliar. Selain itu, setiap kali Ronaldo memposting unggahan bersponsor di Instagram, dia diperkirakan mendapatkan penghasilan sekitar USD2,4 juta atau sekitar Rp37 miliar untuk satu postingan saja. Hal ini semakin mempertegas status Ronaldo sebagai salah satu atlet terkaya di dunia.
Selain itu, Ronaldo juga memiliki brand fashion dengan nama CR7, yang menawarkan berbagai produk fashion mulai dari kacamata, alas kaki, pakaian dalam, hingga parfum.
CR7 juga merambah ke dunia perhotelan melalui Pestana CR7 Lifestyle Hotels, yang tersebar di beberapa kota besar seperti Lisbon, Madrid, Maroko, hingga New York.
Tak hanya itu, Ronaldo juga dikenal sebagai seorang investor ulung dengan saham di perusahaan-perusahaan besar seperti Apple dan Volkswagen. Dia juga memiliki koleksi mobil mewah, termasuk Bugatti Cento Dieci dan Rolls Royce Cullinan, serta rumah-rumah mewah di kampung halamannya di Madeira.
Namun, tentu saja, sumber utama kekayaan Ronaldo tetap berasal dari gajinya sebagai pemain sepak bola. Saat ini, gaji Ronaldo di klub Al Nassr mencapai sekitar 16,66 juta euro atau sekitar Rp278,3 miliar per tahun. Dengan kombinasi antara popularitasnya di media sosial, bisnisnya yang sukses, dan gaji fantastisnya, Ronaldo terus memimpin sebagai salah satu atlet terkaya dan paling berpengaruh di dunia.
Dengan kesuksesan saluran YouTube barunya, Ronaldo sekali lagi membuktikan bahwa dia tidak hanya ahli dalam mencetak gol di lapangan, tetapi juga dalam memecahkan rekor di dunia digital.
Rivalitas dengan Messi, yang telah berlangsung selama lebih dari satu dekade, kini merambah ke dunia media sosial. Dan, untuk saat ini, Ronaldo unggul jauh di depan.
Apakah Messi mampu mengejar ketertinggalannya di dunia YouTube? Hanya waktu yang akan menjawab. Namun, satu hal yang pasti, Ronaldo sekali lagi membuktikan bahwa dia selalu berada di garis depan, baik di dalam maupun di luar lapangan. (jpg)