Spanyol Umumkan Skuad untuk Euro 2024, Coret Wonderkid Barcelona yang Pernah Main di Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia

PIALA DUNIA U17— Pau Cubarsi saat berlaga pada Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

SPANYOL, METRO–Timnas Spanyol resmi me­ngumumkan skuad final mereka untuk Piala Eropa (Euro) 2024 dengan 26 pemain akan dibawa pelatih Luis de la Fuente ke Jerman.

Sebelumnya, pelatih timnas Spanyol Luis De La Fuente memanggil 29 pemain untuk masuk ke dalam skuad sementara. Berdasarkan laporan Football Espanana pada Jumat, De La Fuente mencoret tiga nama untuk meringkas skuad menjadi 26 pemain dan secara mengejutkan salah satu dari tiga pemain yang dia coret a­dalah wonderkid Barcelona Pau Cubarsi yang pernah mem­bela Spanyol saat berlaga dalam Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Selain Cubarsi, De La Fuente juga mencoret Aleix Garcia dari Girona dan gelandang Atletico Madrid Marcos Llo­rente. De La Fuenta kemudian memanggil penyerang Real Betis Ayoze Perez yang sebe­lumnya tidak masuk dalam skuad sementara.

Di Euro 2024, wonderkid Spanyol Lamine Yamal bisa menjadi pemain termuda yang tampil dalam sejarah turnamen tersebut.

Yamal, yang berkiprah untuk Barcelona di level klub, saat ini masih berusia 16 tahun. Hal itu membuatnya di ambang memecahkan rekor sebagai pemain termuda dalam sejarah Piala Eropa jika dimainkan di Euro 2024, sebagaimana dilansir InsideSport.

Dalam sejarahnya, perhelatan Piala Eropa memang lazim menghadirkan aksi para bintang-bintang muda. Di Euro 2020 lalu, misalnya, ketika Jude Bellingham masuk menggantikan Harry Kane di laga Inggris melawan Kroasia.

Lewat penampilannya pada usia 17 tahun tersebut, dalam gelaran Euro 2020 yang dimainkan pada tahun 2021 lantaran terimbas pandemi COVID-19, Jude Bellingham sempat menjadi pemain termuda di Piala Eropa. Rekor sebelumnya dipegang oleh Jetro Willems sejak 2012.

Namun, rekor Jude Bellingham kemudian dilampaui oleh Kacper Kozlowski-nya Polandia. Kozlowski juga tampil di Euro 2020 dan lebih muda 109 hari ketimbang Bellingham.

Kini, di Euro 2024, Lamine Yamal berpeluang merebut rekor pemain paling muda dalam sejarah Piala Eropa dari tangan Kacper Kozlowski.

Pada Euro 2024, Spanyol tergabung dalam Grup B yang berisi Kroasia, Italia, dan Albania. Spanyol akan menghadapi Kroasia dalam pertandingan pembuka mereka di Grup B yang berlangsung pada Sabtu (15/6) malam pukul 23.00 WIB.

Skuad Spanyol untuk Euro 2024: Kiper: Unai Simon (Athletic Bilbao), David Raya (Arsenal), Alex Remiro (Real Sociedad).

Bek: Aymeric Laporte (Al Nassr), Robin Le Normand (Real Sociedad), Alex Grimaldo (Bayer Leverkusen), Dani Carvajal (Real Madrid), Dani Vivian (Athletic Bilbao), Jesus Navas (Sevilla), Nacho (Real Madrid), Cucarella (Chelsea)

Gelandang: Mikel Merino (Real Sociedad), Fabian Ruiz (PSG), Alex Baena (Villarreal), Martin Zubimendi (Real Sociedad), Rodrigo (Manchester City), Pedri (Barcelona), Fermin (Barcelona)

Penyerang: Alvaro Morata (Atletico Madrid), Dani Olmo (RB Leipzig), Joselu (Real Mad­rid on loan from Espanyol), Lamine Yamal (Barcelona), Mikel Oyarzabal (Real Sociedad), Ayoze Perez (Real Betis), Ferran Torres (Barcelona), Nico Williams Jr (Athletic Bilbao). (jpg)

Exit mobile version