Pecahkan Rekor Tak Pernah Menang di Etihad, Madrid Melaju ke Semifinal UCL Usai, Kalahkan Juara Bertahan

SELEBRASI— Selebrasi pemain Real Madrid usai menang adu penalti kontra Manchester City pada leg 2 Perempat Final Liga Champions 2023/2024, Kamis (18/4) dini hari WIB.

Real Madrid berhasil melaju ke Semifinal Liga Champions setelah me­ngalahkan juara bertahan Manchester City lewat adu penalti dalam Leg kedua perempat final yang dimainkan di Stadion Etihad pada Kamis (18/2) dini hari WIB.

Kemenangan ini berarti mampu memecahkan rekor Real Madrid yang tidak pernah menang di Stadion Etihad dalam lima laga terakhirnya yang mem­peroleh dua hasil imbang dan tiga kali menelan kekalahan.

Kedua tim menuju da­lam pertandingan di hari Kamis dengan kekuatan agregat skor yang sama, saat kedua tim bermain imbang 3-3 di Stadion Santiago Bernabeu pekan lalu.

Laga yang berlangsung di antara kedua tim kali ini berjalan sangat ketat dan alot, tetapi Real Madrid mampu unggul lebih dulu lewat sepakan kaki kanan Rodrygo di menit 12’ yang mampu menjebol gawang milik Ederson. Skor be­rubah jadi 0-1

Gol pembukanya itu menandai gol keempat Rodrygo dalam tiga pertan­dingan setelah menjalani tujuh pertandingan tanpa mencetak gol.

Setelah melancarkan gol lebih dulu, pertahanan dari Real Madrid terus digempur oleh tuan rumah Manchester City tetapi The Citizens cenderung alot dalam menciptakan gol dengan banyaknya peluang yang tercipta di babak pertama.

Pada babak kedua, Real Madrid tak mampu berkata apa-apa dan lebih sibuk menjaga pertahanan ketika City terus melancarkan serangan untuk membuka gol pertamanya di pertandingan ini.

Baru di menit 76’ Kevin De Bruyne mampu menjebol gawang dari El Real ketika mampu memanfaatkan bola yang lepas dari genggaman Rudiger saat menjaga pertahanan. Ini membuat kedudukan skor menjadi sama 1-1.

Hingga peluit panjang berakhir, kedua tim tak mampu menambah golnya hingga membuat laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Selama babak perpanjangan waktu (2×15 menit), kedua tim masih alot dalam mencetak skor hingga laga harus dilanjutkan dengan adu penalti.

Dalam babak adu penalti Real Madrid berhasil melancarkan bola ke ga­wang dari empat penendangnya yang masing-ma­sing diambil oleh Jude Bellingham, Lucas Vazquez, Nacho dan Rudiger. Sementara tendangan dari Luka Modric berhasil ditepis oleh Ederson.

Dikubu tuan rumah Man­chester City harus menelan dua kali kegaga­lan mengeksekusi tendangan penalti yang diambil oleh Mateo Kovacic dan Bernardo Silva yang mampu ditepis oleh kiper Real Madrid Andriy Lunin dan hanya mampu melancarkan 3 tendangan melalui Julian Alvarez, Phil Foden dan kiper Ederson.

Hasil ini membuat Real Madrid keluar sebagai pemenang dalam laga kali ini dan berhak melaju ke babak Semifinal Liga Champions untuk melanjutkan perburuan gelar mereka yang ke 15.

“Kami memulai dengan baik, maju dan kemudian kami harus berjuang untuk bertahan, kami harus menderita ketika City memegang kendali karena kami bertahan terlalu dalam, pada saat adu penalti datang kami benar-benar yakin kami akan melewatinya,” kata Ancelotti dikutip melalui BBC.

“Ini adalah satu-satu­nya cara anda bisa datang ke City dan menang, anda bekerja, berkorban dan menang sebisa mungkin. Pep Guardiola adalah seo­rang pria terhormat, dia selalu memberi selamat kepada kami,” tambahnya.

Real Madrid akan me­nuju semifinal Liga Champions ke 12 dalam 14 tahun terakhir dan akan dipertemukan oleh Bayern Munich dibabak semifinal setelah mampu mengalahkan Arsenal di Allianz Arena.  (jpg)

Exit mobile version