Semen Padang FC Lolos Semifinal Liga 2, Selangkah Menuju Liga 1

DUEL— Pemain Semen Padang FC, Genta Alfaredo berusaha melawati hadangan pemain Persiraja pada partai pamungkas Grup X Pegadaian Liga 2023/2024 di Stadion H. Agus Salim Padang, Sabtu (3/2).

PADANG, METRO–Semen Padang FC memastikan satu tiket lolos otomatis ke babak semifinal Pegadaian Liga 2 2023/2024 setelah berhasil keluar sebagai juara grup X. keberhasilan tersebut didapat tim Kabau Sirah setelah pada partai pamungkas grup X berhasil me­ngalahkan Persiraja de­ngan skor tipis 1-0, di Stadion H. Agus Salim Padang, Sabtu (3/2) sore.

Semen Padang yang sebelum pertandingan ini berada di posisi runner up klasemen (7 poin) di bawah Persiraja (9 poin), me­ngu­sung misi wajib menang agar mendapatkan jatah otomotis lolos ke semifinal.

Bermain menyerang sedari menit-menit awal, Semen Padang berhasil unggul lewat lesakan Ahmad Ikhwan pada menit ke 5. Berawal dari umpan silang Roken Tampubolon dari sisi sayap kanan tim Kabau Sirah, bola pun diterima baik oleh Ihwan dengan sepakan.

Ketinggalan satu gol, Persiraja langsung me­ningkatkan intensitas serangan. Andik Vermansyah dkk pun memanfaatkan lemahnya lini tengah Semen Padang FC.

Tercatat ada lebih dari lima kali peluang berbahaya dengan tiga dian­taranya bola menyentuh tiang. Hingga pertengahan babak pertama, tim Kabau Sirah otomatis keteteran.

Memasuki sepuluh me­nit akhir babak pertama, Semen Padang FC pun men­dapat sejumlah peluang, tapi masih gagal di­konversi Ahmad Ihwan yang saat ini sendirian di lini depan.

Di menit akhir babak pertama, kedua tim pun masih saling serang. Laga keras dan panas pun mulai tersaji. Sampai wasit meniup peluit babak pertama, skor 1-0 tidak berubah.

Memasuki babak ke­dua, pertandingan berlangsung dengan ritme yang lebih santai. Seperti biasa, tim Kabau Sirah pun langsung menggebrak di awal babak kedua.

Serangan yang dilancarkan kedua sayap lincah milik tuan rumah langsung membuat penonton bersorak. Persiraja pun tak mau kalah, mereka juga membalas serangan anak asuh Delfiadri.

Hingga pertengahan babak kedua, aksi saling serang antar dua tim Su­matera ini belum terhenti, namun dengan ritme serangan yang tidak secepat di babak pertama.

Sampai menit-menit akhir pertandingan, kedua tim tampak bermain aman dan santai. Terlebih tuan rumah, lebih memainkan pole position hingga akhir pertandingan. Wasit pun meniup peluit skor 1-0 tak berubah.

Hasil ini membuat Semen Padang menggeser posisi Persiraja di puncak klasemen dengan 10 poin. Namun bagi Persiraja, hasil ini juga sudah cukup bagi Laskar Rencong untuk lolos ke babak semifinal lewat peringkat dua terbaik.

Sementara itu, dua tim lainnya yang juga sudah memastikan lolos ke semifinal yaitu Malut United dan PSBS Biak.  Artinya, pada laga semifinal ataupun calon promosi ke Liga 1 tak ada satupun yang diwakili oleh klub dari Pulau Jawa.

Pelatih kepala Semen Padang FC, Delfiadri me­nyebut kemenangan ini dia persembahkan untuk para suporter Semen Padang FC. Menurutnya, usai laga ini anak asuhnya akan di­per­siapkan untuk menatap laga semifinal.

“Babak semifinal diper­kirakan beberapa Minggu ke depan. Masih ada waktu untuk kita mempersiapkan pemain untuk laga semifinal. Dan pemain kami harapkan siap untuk laga itu,” katanya saat jumpa pers dengan awak media, Sabtu (3/2).

Sebelumnya Delfiadri mengaku pertandingan me­lawan Persiraja merupakan laga berat bagi anak asuhnya. Beberapa peluang yang diciptakan anak asuhnya belum bisa memperbesar keunggulan bagi timnya.

Sehingga ia menyebut akan terus melakukan eva­luasi. Di semifinal nanti, anak asuhnya harus bisa memaksimalkan semua peluang menjadi gol.

“(Tidak memaksimalkan peluang) ini menjadi PR bagi kita. Kami akan mengasah lini depan kami agar lebih tajam lagi. Sebelumnya kami sudah menekankan pada semua pemain semua peluang harus menjadi gol. Seperti laga tadi banyak peluang belum menjadi gol. Ini akan menjadi catatan kami untuk semifinal,” jelasnya.

Sementara pemain Semen Padang FC, Fandi Eko Utomo mengaku rekan satu timnya sudah siap menatap laga semifinal. Menurutnya, berbekal kemenangan lawan Persiraja, mental dan semangat seluruh rekannya saat ini sangat tinggi.

“Siapapun lawannya, kita akan siap menghadapi. Alhamdulillah kemena­ngan ini membuat kita semaki percaya diri menatap laga semifinal. Sehingga siapapun lawannya akan kita hadapi,” ungkapnya. (rom)

Exit mobile version