Inaki dan Nico Williams, Saudara Kandung Beda Negara

KAKAK ADIK— Fenomena kakak-adik dalam satu klub adalah hal yang unik dalam sepak bola, tak terkecuali keberadaan Inaki dan Nico Williams di Athletic Bilbao.

Fenomena kakak-adik dalam satu klub adalah hal yang unik dalam sepak bola, tak terkecuali keberadaan Inaki dan Nico Williams di Athletic Bilbao. Inaki, yang kini berusia 29 tahun, memiliki adik bernama Nico, yang terpaut 8 tahun lebih muda darinya. Pemain dengan tinggi 186 cm itu lahir di Bilbao, 15 Juni 1994 silam. Ayahnya bera­sal dari Ghana, sedangkan sang ibu asli Liberia.

Nico, yang kini berusia 21 tahun, meniru jejak sang kakak dengan bermain untuk Athletic Bilbao sejak musim panas 2021 silam. Sebelumnya, ia merupakan produk akademi dari Los Leones.

Meski berstatus saudara kandung, namun ke­duanya memiliki kewarganegaraan yang berbeda. Inaki lebih memilih memperkuat tanah leluhur sang ayah, Ghana. Sedangkan sang adik memilih untuk menjadi warga negara Spa­nyol, tanah kelahirannya.

Inaki yang berposisi sebagai sayap kanan, kini telah mencetak 8 gol untuk Bilbao. Sedangkan sang adik, baru mencapai seta­ngahnya, alias 4 gol di seluruh kompetisi.

Saudara kandung beda negara ini terlibat dalam persaingan yang cukup kompetitif. Apabila Inaki le­bih mendominasi di La Liga, Nico lebih unggul di Piala Raja atau Copa del Rey dari aspek statistik.

Perjalanan Nico menuju tim utama Bilbao juga lebih mulus jika dibandingkan dengan sang kakak. Inaki pernah rela dipinjamkan ke klub divisi 3, CD Basconia, sebelum mendapat kontrak resmi di tim senior.

Sementara, Nico langkahnya lebih mulus de­ngan selalu menjadi andalan dari berbagai ke­lompok umur, hingga tim senior klub asal Basque tanpa di­sekolahkan ke klub lain.

Menilik harga pasar dari Transfermarkt, Nico juga unggul jauh dari sang kakak. Nico kini diyakini bernilai kurang lebih Rp 869 miliar, unggul dua kali lipat dari Inaki, yang berada di kisaran Rp 434 Miliar.

Namun, Inaki bukan tak memiliki keunggulan atas Nico. Pria Ghana tersebut telah memenangkan 2 trofi Piala Super Spanyol bersama Los Leones. Sedang­kan adik yang memilih Spa­nyol belum pernah merasakan gelar.

Kini, Inaki sedang berjuang bersama Timnas Ghana di ajang Piala Afrika, yang tergabung dalam grup B bersama Mesir, Tanjung Verde, dan Mozambik. Sedangkan Nico sedang menikmati waktu libur sepekan, sembari menunggu La Liga kembali bergulir pekan depan.

Keduanya akan menjadi andalan Ernesto Valverde di lini serang Athletic Bilbao, bersama Gorka Guruzeta, dalam meramaikan persaingan papan atas La Liga 2023-2024.

Musim ini adalah mu­sim yang sangat luar biasa bagi klub asal Basque, di mana mereka kini menempati posisi ketiga sementara, dengan torehan poin yang sama dengan Barcelona di posisi 4. Bukan ha­nya Athletic Bilbao yang kini memberi kejutan pada kontestasi La Liga, selain mereka ada klub Girona yang mampu bertengger di posisi pertama, unggul 1 angka dari raksasa Real Madrid, yang memiliki satu laga tunda. (jpg)

Exit mobile version