Semen Padang FC VS PSMS Medan, Tampil Maksimal Demi Puncak

LATIHAN— Pemain SPFC saat menggeber latihan, Jumat (6/10) malam di GOR H. Agus Salim Padang jelang pertandingan menghadapi PSMS Medan, ditempat yang sama, Senin (9/10).

PADANG, METRO–Semen Padang FC akan melakoni pertandingan keempat Pegadaian Liga 2 2023/2024 dengan meng­hadapi tim dari Sumatera Utara, PSMS Medan, Senin (9/10) malam.

Berlaga di Stadion kebanggan ranah Minang, GOR H. Agus Salim (GHAS), tim Kabau Sirah siap memberikan penampilan terbaik dihadapan supporter demi meraih posisi puncak Grup A Pegadaian Liga 2 2023/2024.

Pelatih Semen Padang FC, Delfiadri mengungkapkan, seluruh pemain SPFC siap tapmpil maksimal dan bertekad memberikan yang terbaik untuk semua pecinta Semen Padang FC.

“Alhamdulillah sampai latihan kemaren (Sabtu) semua pemain bergairah dan mempunyai motivasi lebih untuk petandingan ini. Apalagi pertandingan akan berlangsung dihadapan supporter sendiri,”ujar Delfiadri saat prematch prescon di kantor Kabau Sirah Semen Padang (KSSP), Minggu (8/10).

Dikatakan oleh Delfiadri, antisipasi bola mati dan kebobolan di menit-menit akhir menjadi atensi oleh tim pelatih. Makanya, para pemain terus digenjot agar bisa bermain tenang dan disiplin hingga pertandingan selesai.

“Kami sudah tekankan kepada seluruh pemain agar selalu waspada terutama pada menit-menit krusial yaitu pada 10 menit awal dimana konsentrasi yang belum siap dan dan 10 menit akhir pertandi­ngan akan menghadapi factor kelelahan, ”ungkapnya.

“Mudah-mudahan, setelah pertandingan terakhir kita menghadapi Sriwijaya, dengan ditempa oleh pelatih fisik, semoga pemain kita siap sampai akhir per­tandingan, sehingga pada menit-menit akhir tidak kehilangan konsen­trasi, ”sam­bungnya.

Sementara itu, menang­gapi persoalan pasca per­tandingan menghadapi Sri­wijaya, Delfiadri meng­ungkapkan hal tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap mental pemain.

“Apapun kejadian yang ada di luar maupun dalam pertandingan, saya sudah tekankan kepada pemain itu adalah keputusan dari LIB kita terima apapun itu tetapi kita jalurnya kita lalui,”kata Delfiadri.

Dijelaskan oleh Delfiadri, pasca pertandingan kontra Sriwijaya beberapa hari yang lalu diketahui bahwa tim Sriwijaya telah melanggar aturan PT. LIB Pasal 23 poin 3 yang berbunyi: Pemain U21 wajib dimainkan selama 45 me­nit sebagai starting eleven bukan sebagai pengganti.

“Sementara Sriwijaya saat itu diketahui, memainkan pemain U21 sebagai pemain pengganti bukan sebagai starting eleven. Tapi biarlah hal ini jadi keputusan liga, kita konsentrasi untuk menghadapi pertandingan-pertandi­ngan selanjutnya.

Delfiadri juga me­nyo­roti kursi kepelatihan PSMS Medan yang baru saja berganti. Delfiadri melihat hal ini sebagai sebuah keuntungan untuk meraih hasil maksimal mengingat kondisi psikologis pemain PSMS yang berganti nahkoda.

“Transisi dari pelatih lama dan baru ini sedikit banyaknya akan mempe­ngaruhi psikologis pemain. Dimana kita ketahui, ada beberapa pemain yang hubungan emosionalnya dengan pelatih lama sudah sangat dekat, namun kemudian masuk pelatih baru yang sedikit merubah kondisi di internal tim,”jelas Delfiadri.

Sementara itu, Kapten Semen Padang FC, Rosad Setiawan mengaku siap dengan pertandingan besok. Seluruh pemain juga sudah teradaptasi bermain di malam hari. “Kita sudah latihan dan berupaya tidak kehilangan poin di kandang, ”ujar Rosad.

Terpisah, pelatih PSMS Medan, Miftahudin Mukson juga menyatakan kesiapan timnya untuk menghadapi tim Semen Padang FC.

“Bahkan kesiapan kami ini ditandai dengan datang lebih awal agar dapat beradaptasi dengan cuaca di Padang. Mudah-mudahan nanti saat pertandingan bisa tampil maksimal dan kita bisa memberikan tontonan yang menarik untuk seluruh pecinta PSMS mau­pun Semen Padang, ”ujar Miftah.

Menghadapi Semen Pa­dang, Miftah mengakui telah memahami dan me­ngerti apa yang menjadi cirri khas permaianan Semen Padang. “Kita semua tahu di grup ini, Semen Padang bisa dikatakan bagus dari segi statistic, tapi saya juga sudah paham, sudah mengerti apa yang menjadi ciri khas permaianan Semen Padang dan saat pertandingan mudah-mudahan kita bisa memberikan perlawanan terhadap Semen Padang, ”ung­kapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh pemain asing PSMS Medan Matheus Souza yang mengaku rekan-rekan siap tampil maksimal dan meraih 3 poin.

“Kami sudah siap dan meraih 3 poin. Ini merupakan pertama kali saya bermain di Indonesia dan tidak tau banyak soal Semen Padang, tapi melihat dari klasemen bahwasanya posisi Semen Padang cukup bagus, tapi tetap PSMS berupaya untuk tampil maksimal, ”ucap­nya. (rom)

Exit mobile version