Persikopa Pariaman Juara I Kejurda Sumbar 2023, Jadi Ajang Uji Coba PPLP Sumbar Hadapi Kejurnas di Pekanbaru

SERAHKAN PIALA— Kepala Dispora Sumbar, Meifrizon menyerahkan piala kepada Tim PPLP Sumbar yang meraih juara 2 Kejurda KU 23 Sumbar Tahun 2023.

 

PADANG, METRO–Persikopa dari Kota Pariaman akhirnya tampil sebagai juara setelah menang lewat adu penalti melawan Tim Sepak Bola Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumatera Barat (Sumbar), pada final Kejuaraan Daerah (Kejurda) Sepak Bola Kelompok Umur (KU) 23 se-Sumbar Tahun 2023, Minggu (4/6) di lapangan Mahoni, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam.

Pertandingan final sore itu disaksikan ribuan warga. Ke­dua tim menampilkan permainan saling menyerang ke pertahanan lawan. Namun, kedua pertahanan tim cukup kuat.

Meski rata-rata berumur masih muda, namun Tim PPLP Sumbar yang menurunkan pemain Tim Nasional (Timnas) laga Piala AFF U-16 Nabil Asyura memberikan perlawanan sengit terhadap lawannya Persikopa Pariaman yang memiliki pemain senior dengan umur rata-rata di atas 16 hingga 23 tahun.

Pada babak pertama, tidak ada gol tercipta meski sera­ngan kedua tim silih berganti dan membahayakan kedua gawang tim. Ketangguhan pemain belakang dan kiper, berhasil mementahkan setiap serangan yang dibangun kedua tim.

Kebuntuan gol akhirnya berhasil terpecahkan pada babak kedua. Persikopa lebih dulu mencetak gol lewat sepakan Hilal pada menit 60. Sementara PPLP membalas pada 15  menit terakhir melalui gol Dewa yang bisa memanfaatkan situasi kemelut di depan gawang.

Adu penalti dilakukan setelah dua tim bermain imbang 1-1 dalam 90 menit waktu normal. Dalam drama adu penalti itu PPLP harus menyerah 3-5 dari Persikopa Pariaman. Dengan hasil ini maka Persikopa berhasil meraih juara I dan PPLP meraih juara 2.

Sementara di pertandingan lainnya, PSKB dari Kota Bukittinggi berhasil meraih juara 3 setelah mengalahkan Persepar Padang Pariaman dengan skor 2-1.

Kejurda Sumbar diikuti oleh delapan tim kuat di Sumbar. Meski meraih juara 2, Tim Se­pak Bola PPLP Sumbar menjajal kemampuan di Kejurda Sum­bar KU 23 sebagai salah satu persiapan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang akan dilaksanakan 12 hingga 16 Juni 2023.

“Kita sengaja mengikutkan Tim PPLP Sumbar dalam Kejurda KU23 ini untuk uji coba dan melihat sejauh mana persiapan dan apa yang harus diperbaiki jelang Kejurnas di Pekanbaru,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar, Meifrizon saat menutup Kejurda KU23 Sumbar.

Meifrizon mengaku puas dengan penampilan Tim Sepak Bola PPLP Sumbar, pada final Kejurda KU 23 se-Sumbar Ta­hun 2023 ini. Karena lawan yang dihadapi tim yang juga di bawah binaan Gubernur Sumbar, Mah­yeldi Ansharullah di final ini merupakan pemain senior dan rata-rata berumur di atas pemain PPLP Sumbar saat ini.

Meifrizon mengatakan da­lam Kejurnas yang akan diikuti oleh seluruh PPLP di Indonesia itu, tim Sumbar menargetkan bisa menembus semi final. “Kita tentu berharap juara. Tapi karena persiangannya akan ketat kita targetkan bisa tembus semi final,” katanya.

Sementara itu inisiator Ke­jurda Sepak bola Sumbar KU 23, Lazuardi Herman yang juga merupakan Anggota DPRD Sumbar menyebut Kejurda KU 23 Sumbar digelar untuk me­nyemarakkan semangat olah­raga di tengah masyarakat. (fan)

Exit mobile version