Hari ke-4 PON Papua, Taekwondo sudah Sumbang 4 Medali

MEDALI PERAK— Sementara pada pertandingan hari keempat, Selasa (5/10) di Poltekbang Kota Jayapura, satu Taekwondoin Sumbar menyumbang satu keping medali perak melalui Bimantara Subrata dari kelas U-80 Kg putra.

JAYAPURA, METRO–Cabang olahraga Taekwondo kembali menyumbang medali untuk Suma­tera Barat pada helatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX-Papua. Sebelumnya, pada pertandingan hari pertama hingga ketiga, Cabor Taekwondo telah menyumbang satu me­dali emas dan dua keping medali perunggu.

Sementara pada per­tandingan hari keempat, Selasa (5/10) di Poltekbang Kota Jayapura, satu Taekwondoin Sumbar menyumbang satu keping medali perak melalui Bimantara Subrata dari kelas U-80 Kg putra.

Hanya saja dua Taekwondoin lainnya masing-masing Jailani Jonsil turun di kelas U 54 Kg putra dan Ochkirani Martha di kelas U 53 Kg putri gagal me­nyumbang medali.

Pada pertandingan pertama babak 8 besar Bimantara memperoleh keme­nangan by. Pada semifinal mengalahkan Taekwondoin Bali, Muhhamad Akbar Sidik. Sementara pada se­mifinal, Bimantara mencatatkan kemenangan atas taekwondoin Bali.

Di partai puncak, Bimantara yang sejak awal tidak ditargetkan meraih medali, lantaran kapasitasnya hanya sebagai pengganti salah satu atlet yang gagal berangkat PON itu, nyatanya mampu memperlihatkan performa terbaik.

Menghadapi wakil dari Jawa Barat, Bimantara sejatinya bisa mengimbangi  penampilan Dinggo Adrian Prayogo di babak pertama. Namun babak kedua tidak dilanjutkan lantaran Bimantara menderita cedera di penghujung babak ke­dua. Tendangan Dinggo men­darat tepat di bagian wajah Bimantara yang membuatnya tak bisa me­lanjutkan pertandingan.

Skor 15-3 menyudahi duel ini, sehingga Biman­tara hanya berhak membawa pulang medali perak.

Manager Taekwondo Sumbar Budi Ilyas mengatakan, apa yang ditampilkan Bimantara sudah di luar ekspektasi selama ini. Menurutnya, tidak ada target muluk di kelas U-80 Kg. Namun Bimantara justru mampu menyumbang me­dali perak.

”Kita bersyukur sekali Taekwondo Sumbar tampil bagus di PON kali ini. Inti­nya perjuangan anak-anak sangat luar biasa sehingga kita berhasil membawa pulang satu emas, satu perak dan dua perunggu,” sebutnya.

Capaian yang diperoleh Taekwondo Sumbar di PON Papua diapresiasi Ketua KONI Sumbar Agus Suardi. Abien sapaan ak­rab Agus Suardi mengucapkan terimakasih kepada TI Sumbar yang atletnya telah berjuang mati-matian membela nama daerah di Papua.

”Semoga capaian yang diperoleh Taekwondo ini diikuti oleh atlet Cabor lainnya. Mari berjuang mengharumkan nama Sumatera Barat di Bumi Cendera­wasih,” ajak Abien. (rel/ren)

Exit mobile version