Jatuh saat Take-0ff, Kondisi Khaidir Anas Membaik, Penyumbang Perak Cabor Gantole

BEZUK ATLET— Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy membezuk atlet gantole Khaidir Anas di ke RSUD Kota Jayapura di Dok 2, Kota Jayapura. Khaidir jatuh saat hendak take off di Venue Gantole di Lapangan Advent Doyo Baru, PON XX Papua 2021, Minggu (3/10) sekitar pukul 12.50 WIT.

JAYAPURA, METRO–Atlet gantole Khaidir Anas yang telah menyumbangkan medali perak untuk kontingen Sumbar me­ngalami kecelakaan saat hendak take off di Venue Gantole di Lapangan Advent Doyo Baru, PON XX Papua 2021, Minggu (3/10) sekitar pukul 12.50 WIT.

Tampil di nomor kelas A Lintas Alam, Khaidir terjatuh hingga mengalami luka pada beberapa bagian tubuhnya. Pihak panitia cabang ini bertindak cepat dan membawa atlet kelahiran 2 November 1987 ke rumah sakit terdekat di Kabupaten Jayapura. Ma­lam harinya, Khaidir dirujuk ke RSUD Kota Jayapura di Dok 2, Kota Jayapura.

Senin (4/10) pagi, dokter kontingen Sumatera Barat, Dr dr Afriwardi menginformasikan bahwa kondisi Khaidir Anas sudah membaik dan bisa berkomunikasi langsung dengannya.

“Dia sudah mampu ber­komunikasi dengan baik dan lancar,” ujar Afriwardi.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas ini menambahkan, hasil cheking scan pada kepala Khaidir juga tak ada kendala. “Hasilnya (scan kepala) baik. Kami kini masih me­nunggu hasil observasi dan scan punggung Khaidir yang tentunya bisa menjelaskan tindakan lebih lanjut yang akan diambil oleh tim medis. Soal tim medis di Jayapura, kebetulan komunikasi kami berlangsung dengan baik dan sa­lah satu dari mereka ada yang Alumni Fakultas Kedokteran Unand yang bertugas di RSUD di Kabupa­ten Jayapura,” katanya.

Yang lebih menarik, kata Afriwardi lagi, dalam berkomunikasi yang diba­ngunnya, Khaidir sudah mam­pu merunut dengan baik kronologi kejadian dengan dalam setiap tahap-tahapnya. Jadi, kondisi seperti ini di tentu sa­ngat mengembirakan terkait dengan perkembangan Khaidir.

“Soal koordinasi deng­an tim medis sangat luar biasa dan peristiwa ini men­dapat perhatian dari komite medis PB PON,” sebutnya.

Sementara itu, rekan satu tim Khaidir, Rijalul Fathani menginformasikan bahwa Khaidir sudah bisa berkabar dengan istrinya melalui komunikasi hubu­ngan telepon.

“Kami mohon doa ma­syarakat Sumbar agar kondisi Khaidir kian membaik,” ajak Rijalul yang juga sudah mempersembahkan me­dali perak untuk Sumbar.

Sementara itu, Ketum KONI Sumbar Agus Suardi mengatakan pihaknya terus mengawasi dan memantau kondisi khaidir setiap saat. Tim dokter Sumbar akan terus melakukan pengawasan terhadap atlet agar bisa membaik. Kebetulan, Wakil Gubernur tengah berada di Jayapura dan ikut memberikan dukungan.

“Pak Wagub memerintahkan kondisi ini untuk dikomunikasikan dengan keluarga di Padang agar tak timbul rasa kuatir dari keluarga dan sekaligus memastikan Khaidir da­lam pengawasan kita di sini,” kata Agus Suardi. (rel/ren)

Exit mobile version