PUPR Gelar Uji Kompetensi Sertifikasi, Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja Konstruksi di Kota Solok

UJI KOPETENSI—Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Solok menyelenggarakan kegiatan Uji Kompetensi Sertifikasi Tenaga Kerja Bidang Konstruksi.

SOLOK, METRO–Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Solok menyelenggarakan kegiatan Uji Kompetensi Sertifikasi Tenaga Kerja Bidang Konstruksi. Untuk itu Pemko Solok membangun kolaborasi dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh.

Asisten I Setda Kota Solok Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. Nova Elvino, mengatakan kegiatan uji kompetensi ini juga mendapat dukungan pe­nuh dari berbagai pihak. Diantaranya Kepala Dinas SDABK Provinsi Sumatera Barat.

Acara ini digelar bertujuan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja konstruksi di Kota Solok dengan skema cost sharing ini terbilang cukup sukses dengan dihadiri oleh se­jumlah pejabat penting serta para peserta uji kompetensi.

” Diharapkan kegiatan uji kompetensi ini dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja konstruksi di Kota Solok. Dengan memiliki sertifikat kompetensi, para peserta diharapkan dapat lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan ber­kontribusi dalam pembangunan Kota Solok,” ujarnya.

Pemko Solok sangat mengapresiasi upaya Dinas PUPR Kota Solok da­lam menyelenggarakan kegiatan ini, Uji kompetensi ini sangat penting untuk memastikan bahwa tenaga kerja konstruksi memiliki keahlian yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Uji kompetensi kali ini difokuskan pada dua jenjang, yaitu jenjang 5 dan 6 untuk Pengawas Pekerjaan Struktur Bangunan serta jenjang 1 dan 2 untuk Operator/ Tukang. Sebanyak 60 peserta mengikuti uji kompetensi ini, dengan rincian 30 peserta untuk masing-masing kategori. Seluruh peserta telah dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap berupa helm, rompi, baju lapangan dan ATK. (vko)

Exit mobile version