Untuk Siswa SMA/SMK Sungai Pagu dan Pauh Duo, 1.692 Pasang Seragam Diserahkan

SERAHKAN—Wakil Bupati Solok Selatan H. Yulian Efi saat serahkan seragam untuk peserta didik baru tahun ajaran 2024/2025 di sekolah yang terdapat di Kecamatan Sungai Pagu dan Kecamatan Pauh Duo.

PADANG ARO, METRO–Penyerahan pakaian seragam gratis dari Pemerintah Kabupaten Solok Selatan telah mulai dilaksanakan. Kali ini giliran peserta didik baru tahun ajaran 2024/2025 di sekolah yang terdapat di Kecamatan Sungai Pagu dan Kecamatan Pauh Duo.  Pada dua kecamatan ini terdapat tiga SMA dan dua SMK. Total jumlah siswa yang men­dapatkan seragam ini sebanyak 831 orang siswa. Dengan total jumlah seragam yang diberikan sebanyak 1.692 pasang, masing-masing siswa mendapatkan dua pasang.

Wakil Bupati Solok Selatan H. Yulian Efi mengatakan sektor pendidikan menjadi sektor yang diprioritaskan oleh pemerintah. Targetnya untuk bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berkarakter, pro­duktif, dan kompetitif.

“Salah satu komitmen dan upaya perwujudan mi­si tersebut adalah pada hari ini kita pemerintah daerah memberikan bantuan seragam sekolah gratis untuk murid baru Tingkat SLTA se-Kecamatan Sungai Pagu, sebanyak 1.552 stel pakaian gratis sementara untuk siswa baru ting­kat SLTA se-Kecamatan Pauh Duo sebanyak 140 stel,” kata Yulian saat menyerahkan seragam di RTH Muara Labuh, Rabu (12/9).

“Penyerahan seragam ini ditujukan untuk meringankan beban orang tua siswa dalam menyekolahkan anaknya. Sekaligus untuk memberikan motivasi lebih kepada siswa untuk belajar lebih giat dengan adanya dukungan pemerinta.” sebut Yulian.

Dikrtakan Yulian, bahwa program ini juga dilakukan untuk mempersiapkan generasi calon pemimpin di masa depan nanti.

Bersamaan dengan penyerahan seragam ini, Pemerintah Kabupaten juga melaksanakan bazar murah yang dilaksanakan oleh Dinas Perindagkop dan UKM bekerja sama dengan Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Solok Selatan.

“Untuk saat ini total pemerintah menyediakan 4.040 paket sembako dalam program yang ditujukan untuk masyarakat kurang mampu ini. Kali ini merupakan kali kedua pelaksanaan bazar murah ini setelah sebelumnya juga dilaksanakan pada Maret 2024 lalu,” jelasnya.

Paket sembako tersebut kata Yulian lagi, bernilai sebesar Rp 180 ribu. Pemerintah memberikan subsidi Rp 80 ribu sehingga harga tebusnya senilai Rp 100 ribu saja.  “Dalam satu paket sembako yang disediakan dalam Bazar Murah ini berupa beras 3 kilogram, minyak goreng 2 liter, gula 1 kilogram, dan telur satu tray.

Pemerintah kabupaten juga memberikan bantuan bibit manggis dan bantuan kerawanan pangan untuk ibu hamil serta balita di Sungai Pagu,” terangnya Yulian. (ped/rel)

Exit mobile version