Tambah Kemampuan Kader, 100 Pengurus TP-PKK Ikuti Bimtek

FOTO BERSAMA— TP- PKK Provinsi Sumatra Barat, Asisten I Pemko Solok, Nova Elfino, foto bersama usai kegiatan.

SOLOK, METRO–Sebanyak 100 pengurus TP-PKK Kota Solok me­ngikuti kegiatan bimbingan teknis (bimtek) untuk menambah kemampuan kader. Kegiatan ini diselenggarakan oleh TP- PKK Provinsi Sumatra Barat. Asisten I Pemko Solok, Nova Elfino, menyampaikan pemerintah daerah memberi apresiasi terhadap semua program serta kegiatan yang telah dilaksanakan oleh PKK.

“Peran dan tanggung jawab Tim Penggerak PKK sangat di butuhkan dalam upaya pembangunan kesejahteraan masyarakat me­lalui kegiatan yang me­nyen­tuh berbagai aspek kehidupan. Seperti halnya dalam penurunan kemiskinan dan stunting,” ungkap Nova Elfino.

Menurutnya, gerakan PKK telah teruji kebe­ra­daannya dan memberikan harapan besar bagi pemerintah untuk bersama-sama dan memecahkan berbagai permasalahan yang ber­kembang dalam kehidupan masyarakat. Khu­susnya dalam kehidupan keluarga, masyarakat, sosial, eko­nomi dan kesehatan.

Mekanisme kerja Gerakan Tim Penggerak PKK melembaga sampai ke kelompok masyarakat dimana kelompok dasawisama pada lini lapangan sangat memiliki potensi dalam menggerakan, memberdayakan masyarakat untuk membangun berbagai aspek pembangunan.

“Oleh karena itu jajaran PKK harus peka terhadap hal ini dan berperan serta mengambil langkah melalui pengembangan dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan PKK sesuai dengan 10 program pokoknya, yang mampu secara langsung mengatasi masalah keluarga dan masyarakat melalui kelompok PKK RT/RW dan kelompok Dasawisma,” tutur Nova Elfino.

Pemko Solok selalu mendukung program dan kegiatan-kegiatan PKK. Ka­rena peran PKK sangat dirasakan sekali oleh ma­syarakat, mulai dari Ketua Dasawisma, Kelompok PKK RT/RW maka untuk kelancaran program PKK.

“Walikota Solok selaku pembina tetap menganggarkan dana melalui OPD yang mewadahi PKK. Semoga Bimtek ini dapat me­ningkatkan wawasan pengurus TP-PKK Kota Solok yang secara berjenjang melaksanakan program/kegiatan yang sasarannya masyarakat terutama ma­syarakat yang lemah, eko­nomi, kesehatan dan da­lam mencapai saran dan tujuan penilaian selanjutnya,” paparnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat yang di wakili Ketua Bidang IV Ernawati mengatakan kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kualitas kinerja TP-PKK agar lebih profesional dan siap menghadapi penilaian atau evaluasi, serta ber­inovasi dalam mengaplikasikan 10 program pokok PKK guna mencapai keluarga yang Sejahtera.

Selanjutnya, di hadapan Tim TP-PKK Provinsi dan Peserta BImtek, Wakil Ketua TP-PKK Kota Solok, Dona Ramadhani Kirana Putra menyampaikan Tim Penggerak PKK Kota Solok dengan segenap jajarannya bersama OPD terkait, telah melaksanakan program dan kegiatan serta strategi dalam memberdayakan masyarakat melalui Gerakan PKK dengan 10 Program Pokok PKK serta program lintas OPD terkait.

Selanjutnya sesuai hasil Rakernas ke IX serta mengikuti kebijakan pemerintah, TP-PKK Kota Solok telah berperan aktif dalam pengentasan kemiskinan dan penurunan stunting serta berupaya peningkatan derajat kesehatan Masyarakat.

“Kami mengharapkan kepada Tim Pembina Gerakan PKK Provinsi Sumatera Barat kiranya disamping melakukan pembinaan dapat pula memberikan arahan, bimbingan dan masukan bagi kesempurnaan dan suksesnya Gerakan PKK di masa depan selanjutnya di Kota Solok,” tutup Dona. (vko)

Exit mobile version