Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat, Pembinaan Terpadu harus Utamakan Skala Prioritas

RAPAT MONITORING— Dinas Kesehatan Kota Solok melalui Seksi Pelayanan Kesehatan melakukan Monitoring dan Evaluasi PIS-PK Terintegrasi Lintas Program.

 

SOLOK, METRO–Guna meningkatkan de­rajat kesehatan peran lintas program dan lintas sektor sangat penting. Langkah ini merupakan awal dalam melaksanakan perenca­naan pembinaan secara terpadu di masya­rakat dengan mengedepankan skala prioritas.  “Saling pengertian dan keterbukaan antara kompo­nen terkait adalah kunci utama dalam mendapatkan hasil yang maksimal,” Kabid PSDK Emil Re­za Razali.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Kota Solok melalui Seksi Pelayanan Kesehatan melakukan Monitoring dan Evaluasi PIS-PK Terintegrasi Lintas Program. Sesuai dengan Sistem Ke­sehatan Nasional (SKN) yang mengacu pada arah dan tahapan pembangu­nan kesehatan yang ditetapkan dalam rencana pembangunan jangka panjang bidang kesehatan tahun 2005-2025.

Sasaran pembangunan kesehatan yang diharapkan untuk semua potensi bangsa, baik masyarakat atau maupun pemerintahan secara sinergi, berhasil guna dan berdaya guna, sehingga terwujudnya derajat kesehatan masyara­kat yang setinggi-tingginya.

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) adalah suatu pendekatan layanan kesehatan yang menggali informasi faktor risiko terjadinya penyakit dalam suatu keluarga dan untuk menilai status kesehatan keluarga yang kemudian diwujudkan dalam bentuk Indeks Keluarga Sehat.

Emil Reza menyampaikan bahwa Monitoring ini diadakan agar dapat meningkatkan pembinaan pem­bangunan 12 indikator Program PIS-PK di masing-masing program dan teridentifikasinya masalah dan hambatan dalam pelaksanaan program PIS-PK di Kota Solok.

“Monitoring dan evaluasi ini dapat mengetahui peran masing-masing program dan saling mendukung untuk melaksanakan program PIS-PK serta merumuskan rencana kerjasama pembinaan pembangunan dalam program PIS-PK di Kota Solok,” sambung Emil Reza. (vko)

Exit mobile version