Wujudkan Kota Sehat, Forum Kota Lakukan Pembinaan Pokja

PEMBINAAN—Forum Kota Sehat Kota Solok mengadakan pembinaan terhadap Kelompok Kerja (Pokja) kelurahan.

 

SOLOK, METRO–Guna meujudkan kota sehat, Forum Kota Sehat Kota Solok mengadakan pembinaan terhadap Kelompok Kerja (Pokja) Kelurahan Sehat yang ada di Kelurahan IX Korong Kecamatan Lubuk Sikarah, bertempat di Aula Kantor Lurah IX Korong. Kegiatan pembinaan ini dihadiri oleh Pengurus Forum Kota Sehat Kota Solok serta seluruh anggota Pokja Kelurahan.

Niko Rianda Putra, perwakilan dari Forum Kota Sehat Kota Solok mengatakan Forum Kota Sehat merupakan forum atau kelompok yang bertujuan untuk menjadikan Kota Solok kota yang nyaman, bersih dan aman. Tentu dengan beberapa tatanan yang terintegrasi antara masyarakat dengan Pemerintah Kota Solok.

Tujuan utamanya pemberdayaan masyarakat untuk mengangkat derajat kesehatan masyarakat Kota Solok. Menurutnya untuk mempertahankan Forum Kota Sehat Kota Solok di level Swastisaba Wistara sejak tahun 2013 lalu terdapat empat komponen dalam mengangkat derajat kesehatan yaitu perilaku, pelayanan, genetika, dan lingkungan yang bersih.

Dalam kegiatan itu juga membahas program kerja 2023 yang menyangkut Pokja Kelurahan Sehat yang telah dilaksanakan dan untuk ke depannya sebagai bahan acuan dalam membuat progam kerja tahun 2024 mendatang.

Lurah IX Korong, Lega Junaidi Judan, menyam­paikan, Pokja Kelurahan Sehat yang ada di Kelurahan IX Korong sebelumnya sudah menjalankan fungsi-fungsi PHBS di Kelurahan binaan Forum Kota Sehat Kota Solok serta Dinas Kesehatan Kota Solok.

Pokja Kelurahan Sehat terdiri dari beberapa Kelompok kerja yaitu Pokja Perencanaan, Pokja Pergerakan dan Penyuluhan masyarakat dan Pokja Pelaporan dan  Evaluasi. Ia berharap agar semua kegiatan yang ada di Kelurahan IX Korong lebih pro pada perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Pokja Kelurahan Sehat juga terkait dengan program stunting berkoordinasi dengan OPD terkait serta Baznas Kota Solok. Kami di Kelurahan IX Korong juga mengadakan Goro Jumat bersih setiap sebulan sekali dan sekali seminggu terhadap kelompok Dasawisma yang ada di Kelurahan IX Korong,” ungkapnya. (mgi/vko)

Exit mobile version