Ratusan Knalpot Brong Hasil Sitaan Dirakit jadi Tugu Elang

TUGU ELANG— Peresmian tugu elang di taman lalu lintas diresmikan langsung Kapolres Sijunjung dan Forkopimda. Tugu yang dibuat dari knalpot brong itu sebagai warning dan edukasi bagi masyarakat.

SIJUNJUNG, METRO–Ratusan knalpot brong hasil sitaan Satlantas Polres Sijunjung disulap menjadi tugu elang yang dipajang di taman lalu lintas Tunggal Panaluan, depan Mapolres Sijunjung.  Selain memberikan kesan unik, tugu elang yang dibuat dari knalpot itu memberikan pesan agar sepeda motor tidak lagi menggunakan knalpot brong yang menganggu kenyamanan masyarakat.

Tugu elang tersebut diresmikan langsung oleh Kapolres beserta Forkopimda Kabupaten Sijunjung, pada Senin (1/7) bertepatan dengan puncak HUT Bhayangkara ke-78 Tahun 2024.

Kapolres Sijunjung AKBP Andre Anas melalui Kasat Lantas AKP Dani Salman  mengatakan bahwa Tugu Burung Elang tersebut berukuran panjang kurang lebih 2 meter dan tinggi 1,5 meter.

”Tugu tersebut terbuat dari 400 knalpot brong yang kami dapatkan atau disita dalam operasi Satlantas Polres Sijunjung pada beberapa bulan terakhir. Pembuatannya membutuhkan waktu sekitar 10 hari. Monumen ini dikerjakan oleh pengrajin di Kabupaten Sijunjung,” tuturnya.

Kasat Lantas menjelaskan, keberadaan tugu tersebut diharapkan mampu mengedukasi pada pengguna sepeda motor agar tidak menggunakan knalpot brong.

“Hal ini dalam rangka menciptakan situasi Kamseltibcar lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas). Tugu ini jadi warning bagi pengguna jalan yang melintas di area depan Mapolres Sijunjung,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya berkomitmen akan tetap menggencarkan razia knalpot brong. “Kita tetap mengutamakan kegiatan preventif dan edukatif kepada pengendara sepeda motor, produsen, maupun bengkel-bengkel penjualan aksesoris sepeda motor,” pungkasnya.

Selain itu, lanjutnya, Polres Sijunjung juga memiliki Satgas khusus untuk penanganan knalpot brong, tersebut apabila ditemukan di jalan dan akan di lakukan tindakan tilang dan disita. (ndo)

Exit mobile version