Dirjen Resmikan Gedung Sentra IKM Sawahlunto, Reni: Harus bisa Memfasilitasi 10 Nagari

GUNTING PITA—Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian RI, Ir. Reni Yanita, M. Si, didampingi Wako Deri Asta gunting pita tanda diresmikannya gedung Sentra IKM Sawahlunto, Senin (5/6).

 

SAWAHLUNTO, METRO–Gedung Industri Kecil Menengah (IKM) Sawahlunto diresmikan oleh Ir. Reni Yanita, M. Si,  Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian RI, Senin (5/6). Gedung IKM itu merupakan bangunan baru yang selesai pembangunan pada akhir tahun 2022, namun setelah hampir setengah tahun 2023 diresmikan penggunaannya.

Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian RI mengungkapkan Presiden RI Jokowi sangat mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui UKM. Dari UKM ini nantinya akan muncul pengusaha- pengusaha yang bisa menyerap la­pangan pekerjaan di seluruh Kota. Apalagi dengan adanya IKM yang merupakan gabungan dari UKM dan difasilitasi oleh pemerintah, baik dari segi bahan baku, segi pengolahan, segi pengemasan dan segi marketing.

Reni sebagai Dirjen Kementerian Perindustrian juga sangat menyayangkan bahwa koneksi di sentra IKM ini sulit, menurutnya hal ini harus segera diatasi oleh Dinas Kominfo dan segera mengusulkan ke pemerintah pusat agar masalah jaringan bisa lancar dan mendukung aktivitas di sentra IKM Sawahlunto.

IKM Sawahlunto harus segera menfasilitasi sepuluh Nagari yang ada di Sawahlunto untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan ma­sya­rakat nya. “ Semua jenis usaha yang ada di sepuluh Nagari di kota Sawahlunto harus difasilitasi di IKM Sawahlunto. Sesuai informasi dari Ketua KAN Datuak Dahler bahwa banyak kuliner khas serta unik yang bisa diperkenalkan kepada masyarakat luas dengan kemasan yang mumpuni,” ucapnya.

Pemerintah Kota nanti juga bisa mengembangkan dengan berkerjasama dengan berbagai bidang usaha atau bisnis untuk memasarkan produk dari hasil binaan IKM Sawahlunto. “ Contohnya kuliner rendang bisa dibawa oleh jamaah Haji untuk perjalannya ke Tanah Suci,” urainya menjelaskan.

Ketua KAN Sawahlunto Datuak Dahler menyambut baik peresmian Gedung IKM Sawahlunto oleh Dirjen Kementerian Perindustrian RI. “ Meski baru diresmikan Seka­rang, kita sangat antusias dengan berdirinya sentra IKM Sawahlunto di Desa Kolok Mudiak Kecamatan Barangin. Sehingga ma­syarakat Sawahlunto yang punya usaha kecil menengah jenis apapun bisa dibantu pemasarannya,” ucapnya.

“Semua jenis usaha yang bisa dimanfaatkan termasuk Industri Kecil, akan dibina, dibimbing. Bagaimana keseriusan dari Dinas terkait dan Pemerintah Kota, kita optimis pasti hasilnya untuk kesejahteraan masya­rakat Sawahlunto,” pung­kas­nya. (pin)

Exit mobile version