Wawako Buka Festival Ayam Kukuak Balenggeng 

PEMBUKAAN—Wawako Sawahlunto Zohirin Sayuti buka Fatival Ayam Kukuak Balenggeng

 

SAWAHLUNTO, METRO–Wakil Wali Kota (Wa­wako) Sawahlunto Zohirin Sayuti bersama Ketua DPRD Eka Wahyu membuka Festival Ayam Kukuak Balenggek ‘Sawahlunto Robowikti Farm Cup II’, di Lapangan Segitiga, pada Minggu 28 Mei 2023.

Festival Ayam Kukuak Balenggek itu diikuti lebih dari seratus orang peserta yang berasal tidak saja dari Sawahlunto namun juga dari berbagai kabupaten/kota lain. Ketua Panitia Penyelenggara Suryadi mengatakan kelas yang diperlombakan da­lam Festival tersebut adalah ; pemula, landik, boko dan istimewa.

Wawako Zohirin Sayuti menyampaikan selamat berlomba kepada para peserta. “Kepada peserta dari luar Sawahlunto, terima kasih telah datang, selamat berlomba dan sebelum pulang nanti silahkan nikmati wisata kota tua penuh sejarah ini,” kata Wawako Zohirin.

Disebut Wawako Zohirin, Pemko Sawahlunto terus mendukung iven-iven yang mendatangkan banyak pengunjung ke Sa­wahlunto karena itu berdampak signifikan pada pertumbuhan ekonomi dan pariwisata.

“Festival Ayam Kukuak Balenggek ini termasuk dalam rangkaian sport tourism. Kita mendukung agar bisa dilakukan setiap tahunnya,” kata Wawako Zohirin.

Turut hadir dalam Festival Ayam Kukuak Ba­lenggek itu Wakil Wali Kota Sawahlunto masa jabatan 2013-2018 Ismed.

Sejumlah perwakilan dari Dinas Peternakan Sumbar khususnya di bi­dang kesehatan hewan juga terpantau menghadiri Festival tersebut. Selain dari Pemko Sawahlunto, penyelenggaraan Festival itu didukung pula oleh sponsor seperti PTBA Om­bilin, Bank Nagari, dan berbagai sponsor lain. (pin)

Exit mobile version