Wabup IraddatillahBuka Konsultasi Publik  Penyusunan KLHS

 

SIJUNJUNG, METRO–Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah membuka acara Konsultasi publik tahap pertama dalam rangka penyusunan do­kumen kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Kabupaten Sij­unjung tahun 2025- 2045 di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati setempat, Kamis (25/5).

Kegiatan diselenggarakan oleh Dinas Perkim-LH yang merupakan salah satu tahapan yang harus di lewati dalam rangka penyusunan KLHS RPJPD sebagaimana yang diamanatkan undang-undang nomor 32 tahun 2009.

Wakil Bupati, Iraddatillah mengatakan konsultasi publik tahap pertama merupakan salah satu upaya mensejahterakan masya­rakat dengan tetap menjaga keberlang­sungan sumberdaya dan kelestarian lingku­ngan hidup. Penyusunan KLHS dilakukan dengan Inklusif, Indentifikasi dan perumu­san isu pembangunan berkelanjutan melalui pengelompokan isu pembangunan berke­lanjutan strategis secara kualitatif tentu di dukung oleh data dan informasi yang akurat tentang kualitas air tanah yang bersih maupun pencemaran air sungai.

KLHS merupakan sebuah bentuk tin­dakan strategis dalam rangka untuk me­nuntun, mengarahkan dan menjamin tidak terjadinya efek negatif terhadap lingkungan demi keberlanjutan pembangunan di Ka­bupaten Sijunjung, tutur Wakil Bupati Iraddatillah

Ia mengatakan KLHS harus dapat dilakukan terintegrasi dengan proses perencanaan tata ruang. “Karena kaidah terpenting dalam proses ini yakni pelaksa­naan yang bersifat partisipatif,” jelasnya.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati Iraddatillah juga berharap agar peserta dapat berpartisipasi aktif dalam mem­berikan saran serta masukan terkait isu strategis di Kabupaten Sijunjung.

Kepala Dinas Perkim LH, Arif Meiga­yanto dalam laporannya menyampaikan tujuan KLHS adalah untuk menjaring dan menghimpun masukan serta harapan masyarakat dan pemangku kepentingan mengenai isu-isu strategis guna penentuan pembangunan berkelanjutan. Sementara peserta sebanyak 76 orang yang berasal dari kepala OPD, Tim Penyusunan KLHS RPJPD, Tokoh Masyarakat, Organisasi Masyarakat, Bundo Kanduang, TP PKK, Perguruan Tinggi, Kelompok Tani dan Forum anak. (ndo)

Exit mobile version