PAYAKUMBUH, METRO–Inovasi teknologi di sektor kesehatan semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan yang lebih cepat, efisien, dan terjangkau. BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), juga telah menghadirkan banyak inovasi digital demi memudahkan dan meningkatkan kualitas layanan kepada peserta JKN.
Salah satu inovasi digital tersebut adalah Aplikasi Mobile JKN. Aplikasi Mobile JKN hadir dengan berbagai fitur canggih yang memungkinkan peserta JKN untuk mengakses berbagai layanan kesehatan hanya dengan menggunakan smartphone.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Defiyanna Sayodase menjelaskan jika Aplikasi Mobile JKN senantiasa berorientasi pada customer journey, sehingga berdampak langsung pada peserta JKN. Aplikasi Mobile JKN ini bertujuan untuk mempermudah peserta JKN dalam memperoleh layanan kesehatan tanpa harus melalui proses administratif yang panjang.
“BPJS Kesehatan terus berupaya menghadirkan inovasi digital untuk mempermudah peserta JKN, salah satunya melalui Aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur canggih, mulai dari info program JKN, info status kepesertaan, pendaftaran antrean online, kartu digital, perubahan data, konsultasi dokter hingga mendapatkan informasi seputar fasilitas kesehatan yang terdekat,” jelas Defiyanna, Rabu (19/3).
Selain itu, Defiyanna mengatakan dengan hadirnya Aplikasi Mobile JKN tidak sekedar meningkatkan efisiensi administratif, tetapi juga memberikan dampak positif bagi pelayanan kesehatan masyarakat. Lebih luas lagi, inovasi yang dihadirkan telah mendorong perkembangan digitalisasi layanan kesehatan secara keseluruhan.
Desi (40), merupakan salah satu peserta JKN asal Kabupaten Tanah Datar yang sangat terkesan dengan kecanggihan fitur pada Aplikasi Mobile JKN. Bagi Desi, aplikasi ini tidak hanya memudahkan dirinya untuk memantau kondisi kesehatan anggota keluarganya, tetapi juga memberikan banyak kemudahan dalam hal administrasi layanan kesehatan.
“Saya sangat terkesan dengan Aplikasi Mobile JKN karena aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa memudahkan saya sekeluarga untuk mengakses berbagai layanan kesehatan dan administrasi. Sekarang, kita tidak perlu jauh-jauh lagi datang ke Kantor BPJS Kesehatan jika butuh layanan administrasi, karena semuanya sudah bisa diakses dengan mudah dari smartphone melalui Aplikasi Mobile JKN,” ungkap Desi.
Desi, yang telah lama menggunakan Aplikasi Mobile JKN, mengungkapkan betapa besar manfaat yang dirasakannya. Salah satu fitur yang menurutnya sangat membantu adalah fitur antrean online di fasilitas kesehatan. “Saya cukup sering memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN ini saat mengambil antrean online di fasilitas kesehatan, cek info iuran hingga akses kartu digital. Jadi, jika ada anggota keluarga yang sakit dan dirujuk ke rumah sakit, maka kita bisa daftar antrean secara online saja dari rumah dan tidak perlu antre panjang serta lebih hemat waktu,” ujar Desi.
Desi juga sangat terbantu dengan fitur kartu digital yang disediakan pada Aplikasi Mobile JKN. Menurutnya, fitur kartu digital ini sangat membantu peserta JKN untuk mengakses berbagai kanal layanan kesehatan secara lebih efisien dan menjadi solusi praktis jika lupa membawa kartu JKN fisik. “Dengan adanya fitur kartu digital di Aplikasi Mobile JKN, maka kita tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu lupa membawa kartu JKN yang fisik saat berobat di fasilitas kesehatan. Cukup dengan menunjukkan kartu digital yang ada di Aplikasi Mobile JKN ini, maka kita akan dilayani dan yang tidak kalah menariknya, saat ini berobat juga sudah bisa dengan menunjukkan KTP/NIK saja,” tambah Desi.
Selain terkesan dengan kemudahan yang ditawarkan oleh Aplikasi Mobile JKN, Desi juga menyampaikan apresiasinya atas pelayanan yang diberikan oleh petugas BPJS Kesehatan. Desi mengungkapkan, bahwa ia mendapatkan pelayanan yang sangat baik dan ramah saat datang ke Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Tanah Datar. “Saya tidak menyangka akan mendapatkan pelayanan yang sangat baik dan ramah dari petugas BPJS Kesehatan. Saya datang ke kantor karena memiliki kendala lupa password Aplikasi Mobile JKN, kemudian petugas dengan sigap dan komunikatif membantu saya dan memberikan informasi yang saya butuhkan,” tutur Desi.
Lebih lanjut, Desi menceritakan jika Aplikasi Mobile JKN tidak hanya dimanfaatkan oleh keluarganya saja, namun kerabat lainnya juga telah ikut memanfaatkannya karena kemudahan yang ditawarkan. Desi berharap, semoga fitur pada Aplikasi Mobile JKN ini semakin berkembang dan memberikan kemudahan kepada peserta JKN.
“Aplikasi Mobile JKN ini tidak hanya dimanfaatkan oleh keluarga saya, bahkan mertua dan ipar saya yang kebetulan sedang sakit dan dirujuk, telah merasakan manfaat dan kemudahannya saat mengambil antrean di rumah sakit. Terima kasih BPJS Kesehatan karena telah menghadirkan inovasi yang memudahkan kami serta menjadi solusi cerdas dalam hal antrean,” tutup Desi. (uus)