Puluhan Massa BASMI Demo KPU Kota Payakumbuh Nyaris Ricuh

PAYAKUMBUH, METRO–Aksi demo yang dilakukan puluhan masa Barisan Sikat Maling Indonesia (BASMI), di depan kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Payakumbuh, di Kubu Gadang, Kamis (12/9) sekitar pukul 15.00 WIB, nyaris berakhir ricuh.

Ketika melakukan orasinya masa BASMI meminta klarifikasi kepada KPUD Kota Payakumbuh. Mereka meminta KPU untuk mempertimbangkan penetapan salahsatu Calon Walikota Payakumbuh dalam Pilkada tahun 2024 karena terkait temuan BPK.

Mereka juga meminta agar Pilkada di Sumbar berjalan bersih tanpa ada politik uang. Mereka juga ingin pilkada di Payakumbuh bersih dan mendapatkan calon pemimpin Kota Payakumbuh yang bersih dari berbagai kasus dugaan atau terindikasi korupsi. Sehingga dapat bekerja dan membangun kota Payakumbuh lebih baik kedepan.

Masa BASMI juga membawa atribut berupa spanduk bertuliskan “BASMI Kawal Pilkada Sumbar”, selain itu juga nampak bendera dan atribut lainnya. Masa BASMI datang menggunakan Bus dan berhenti di depan kantor KPU Kota Payakumbuh, mendapat kawalan oleh puluhan aparat kepolisian.

Tidak berapa lama orasi yang dilakukan masa BASMI, tiba-tiba datang belasan orang emak-emak menyela aksi dan membantah tuduhan yang disuarakan puluhan masa dari BASMI. Emak-emak nampak emosi dan meminta agar masa BASMI yang juga menyebut dirinya dari mahasiswa, untuk pulang. “Jangan kalian urus daerah orang, kami lebih tau daerah kami, silakan kalian pulang,” ucap emak-emak berapi-api.

Beruntung, puluhan personil polisi dari Polres Payakumbuh dengan sigap dan cepat menghalangi antara masa emak-emak dan masa BASMI yang berjarak sekitar dua meter itu dengan cepat dibatasi oleh personil dari kepolisian. Kemudian suara enak-enak itu sahut sahutan tidak henti-hentinya bersuara.

Untuk menghindari terjadinya kericuhan antara dua masa yang datang ke kantor KPUD Kota Payakumbuh, Kabag OPS, Polres Payakumbuh, Kompol Julianson, meminta masa BASMI masuk kekantor KPU Kota Payakumbuh untuk meminta klarifikasi kepada Ketua dan Komisioner KPUD Kota Payakumbuh.

“Kami datang ke KPU menyampaikan aspirasi. Bukan ada maksud apa-apa ataupun ditungangi. Kami datang hanya untuk menyampaikan bahwa ada salahsatu Calon Walikota ada temuan BPK, dan kasusnya sedang tahap penyelidikan di Polda,” ucap Ketua aksi Mardian.

Sementara Ketua KPU Kota Payakumbuh, Wizri Yasir didampingi anggota KPU Kota Suci Wildanis saat menyambut kedatangan masa BASMI menyebutkan bahwa pihaknya (KPU) berterima kasih kepada masyarakat (BASMI) yang peduli dengan demo­krasi di Kota Payakumbuh. Terkait aspirasi yang disampaikan, KPU me­nurut mantan Sekretaris PCNU Kota Payakumbuh itu, akan dipertimbangkan sesuai aturan dan Undangan yang berlaku.

Sementara Wakapolres Payakumbuh, Kompol Russirwan didampingi Kabagops. Kompol Julianson menyebutkan pihaknya menurunkan 67 personil dari Mapolres Payakumbuh dan Ma­pol­sekta untuk pengamanan aksi yang dilakukan BASMI.

“ Kita libatkan personil dari Polres dan Polsekta Payakumbuh sekitar 67 personil. Sesuai peraturan yang namanya masyarakat menyampaikan aspirasi itu diperbolehkan, makanya kita kawal dan melakukan pengamanan sepanjang aksi yang dilakukan itu damai,” ucapnya diamini Russirwan.

Pihaknya kedepan akan terus meningkatkan jumlah personil yang berjaga di Kantor KPU Payakumbuh sesuai tahapan. “Nanti akan kita tingkatkan sesuai taha­pan Pilkada 2024,” tambahnya.

Sementara terkait adanya dugaan masa tandingan dalam aksi yang dilakukan oleh LSM BASMI, Kompol Julianson me­nyebutkan bahwa aksi tersebut spontan. “Ini kan spontan dari masyarakat bahwa hal-hal yang disampaikan tidak sesuai,” tutupnya. (uus)

Exit mobile version