Disdukcapil Kembali Buka Layanan Sabtu-Minggu

APRESIASI—Masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan pada hari libur Minggu mengaku senang dengan cepatnya layanan disdukcapil.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kabupaten Limapuluh Kota kembali membuka layanan pengurusan Dokumen Kependudukan pasca Libur Lebaran 1445 H, layanan tersebut kembali dibuka sejak pagi hari. Itu terlihat saat sejumlah remaja dan orangtua melakukan pengurusan dokumen, baik Perekaman e-KTP maupun perbaikan Dokumen pada Minggu (21/4).

Sejumlah warga mengaku sengaja datang untuk mengurus dokumen kependudukan pada Minggu karena lebih cepat sebab jumlah warga yang datang lebih sedikit dibandingkan hari kerja pada Senin hingga Jumat. Jika jumlah warga yang datang untuk mengurus Dokumen lebih sedikit, mereka bisa lebih cepat pulang dan proses layanan bisa lebih cepat.

Hal tersebut diungkapkan Ria Gustiani (41) warga Simpang Sugiran Kecamatan Guguak saat melakukan perobahan data kependudukan di Kantor Disdukcapil Kabupaten Limapuluh Kota di Pusat Kota Payakumbuh.

“Tadi saya melakukan perobahan data pada KTP. Saya sengaja datang untuk melakukan perobahan dokumen kependudukan pada hari ini (Minggu) karena sepi, sehingga pelayanan lebih cepat dibandingkan hari biasanya,” ucap Ria.

Ia juga menambahkan, dengan datang melakukan pengurusan Dokumen kependudukan pada hari Minggu, ia tidak perlu antri seperti hari layanan Senin hingga Jumat. “ Karena sepi, kita tidak perlu antri seperti hari layanan Senin hingga Jumat, dimana jumlah warga yang datang untuk mengurus layanan dokumen kependudukan bisa mencapai puluhan orang,” tambahnya.

Ria juga mengatakan bahwa ia baru pertamakali memanfaatkan layanan pada hari Libur (Sabtu-Minggu) dari Disdukcapil Kabupaten Limapuluh Kota, layanan tersebut banyak membantu masyarakat yang memang ingin cepat dan tidak bisa datang saat hari atau jam layanan Senin-Jumat.

“Saya baru pertamakali memanfaatkan layanan Disdukcapil pada hari libur ini, layanan ini banyak membantu masyarakat yang memang ingin cepat dan tidak bisa datang saat hari atau jam layanan Senin-Jumat,” tutupnya.

Dari pantauan di Kantor Disdukcapil, jumlah warga yang memanfaatkan layanan tersebut terlihat lebih cepat selesai dibandingkan hari biasanya, sebab jumlah mereka yang datang hanya belasan orang, berbeda dengan hari biasanya yang mencapai puluhan orang, sehingga layanan lebih cepat selesai. (uus)

Exit mobile version