Media Mitra Strategis Menyukseskan Pemilu dan Pilkada 2024

FOTO BERSAMA—Ketua dan Anggota Bawaslu Limapuluh Kota bersama Koordinator Sekretariat dan staf foto bersama baru-baru ini.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Dewasa ini Media sa­ngat berperan penting dalam mengabarkan dan mensyiarkan perkemba­ngan tahapan pemilihan umum (pemilu) dan me­nyongsong pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan diadakan pada 27 november 2024 mendatang.

“Semua tahapan pemilu hampir selesai setelah rekapitulasi nasional de­ngan penetapan hasil pe­milu pada tanggal 20 Ma­ret kemaren. Saat ini, Bawaslu menjadi pemberi keterangan dan menunggu putusan perselisihan hasil pemilihan umum (PH­PU) pilpres, DPR, DPRD Provinsi, Kabupa­ten/Kota dan DPD yang sedang berlangsung di mahkamah konstitusi,” sebut Lolly Suhenty, Anggota Bawaslu RI, Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas pada acara rakornas eva­luasi manajemen publik media sosial dan pemberitaan Bawaslu , Senen (1/4) di Grand Mercure, Ancol, Jakarta.

Dikatakannya, media sebagai pilar demokrasi  telah menjadi mitra kerja dengan penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) untuk kesuksesan pemilu dan pilkada. Iapun berharap agar jajaran Bawaslu di provinsi , kabupa­ten, kota terus memberikan informasi kepada ma­syarakat melalui media pemberitaan.

“Tahapan pemilu selesai, bukan berarti kerja Bawaslu selesai. Humas dan pemberitaan Bawas­lu tidak pernah tidur, akan terus aktif memberikan informasi yang mem­ba­ngun peradaban bangsa dan negara,” tegas aktivis perempuan asal Cianjur, Jawa Barat ini.

Untuk jajaran Bawaslu, media pemberitaan da­pat dilihat melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube dan website yang berisi pemberitaan-pemberi­ta­an yang terus aktif dalam mencerdaskan ma­sya­rakat dalam menyikapi pemilu dan pilkada yang dihelat secara serentak sekali dalam jangka lima tahun.

Sementara itu, Yoriza Asra, Ketua Bawaslu Ka­bupaten Lima Puluh Kota melalui Dapit Alexsander, Kordiv HP2H menyebutkan bahwa Bawaslu Lima Puluh Kota menyatakan hampir setiap tahapan dan kegiatan terus menggandeng media massa untuk sosialisasi per­kem­bangan tahapan pemilu maupun pilkada baik media cetak, media online maupun media televisi. Sementara diinternal lem­baga terus aktif di media sosial dan website melalui pemberitaan.

Dia mengapresiasi me­dia yang menjadi mitra strategis dalam menyukseskan pemilu. Peran media dapat dilihat dalam memberikan informasi yang objektif, memantau pelaksanaan pemilu, pengawas pelaksanaan pemilu melalui pemberitaannya,   penegak keadilan jika terjadi pelanggaran dan kecurangan melalui pemberitaannya,  menghadirkan diskusi politik, hingga dapat mendorong partisipasi aktif pemilih untuk menggunakan hak pilih.

“Alhamdulillah, pemilu telah berjalan aman, damai dan kondusif. Terima kasih kepada stakeholder yang telah membantu menyukseskan pemilu di Lima Puluh Kota. Me­nyong­song pilkada kita berharap juga lancar dan kondusif,” sebut Dapit, yang juga pernah jadi wartawan. (uus)

Exit mobile version