Pj Wako Payakumbuh Terima Baznas Award 2024, Banyak Masyarakat Terbantu dengan Dana Zakat

BAZNAS AWARD 2024— Ketua Baznas Kota Payakumbuh Edi Kusmana, mendampingi Pj Wali Kota Payakumbuh Jasman, ketika menerima penghargaan Baznas Award 2024 di Jakarta, beberapa waktu lalu.

KUBUGADANG, METRO–Ketua Badan Amil Za­kat Nasional (Baznas) Kota Payakumbuh, Edi Kusmana, mendampingi Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman, menerima penghargaan Baznas Award 2024 dari Ketua Baznas RI Prof. Dr.KH.Noor Ahmad, atas dukungan pengelolaan zakat oleh Baznas Kota Payakumbuh, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (29/2).

“Kita mengucapkan selamat diraihnya Baznas Award 2024 oleh Wali Kota Payakumbuh atas duku­ngan pengelolaan zakat oleh Baznas Kota Payakumbuh. Mustahil Baznas bisa berjalan maksimal dan optimal tanpa duku­ngan dari Pemerintah,” sebut Ketua Baznas Kota Payakumbuh, Edi Kusmana, kepada wartawan.

Dia berharap, kedepan pengumpulan zakat dapat meningkat signifikan di Kota Payakumbuh terutama dilingkungan ASN Kota Payakumbuh. Karena dikatakan Edi Kusmana, peran pemerintah dengan adanya Peraturan daerah dan surat edaran Wali Kota yang mengacu kepada aturan perundang-undangan dan sesuai dengan ketentuan zakat, sudah ada di Kota Payakumbuh.

“Kita ingin diperkuat lagi melalui edaran Wali Kota. Sehingga target pengumpulan zakat di Payakumbuh tercapai. Dengan begitu banyak masyarakat Kota Payakumbuh yang dapat terbantu dengan program-program Baznas Kota Pa­yakumbuh, apakah dibidang konsumtif, seperti bantuan penanggulangan kemiskinan ekstrim, pe­ngurangan stunting, bantuan kesehatan, pendidikan, dan bantuan pemberdayaan ekonomi pro­duktif,” sebut Edi Kusmana.

Menurutnya, penyaluran zakat produktif kepada Mustahik zakat (Penerima zakat) bagi masya­rakat miskin yang masih kuat untuk melaksanakan usaha diberbagai bidang, dinilai sangat membantu dalam peningkatan permodalan bagi masyarakat kota Payakumbuh untuk berusaha. Bahkan penerima zakat produktif binaan Baznas Kota Payakumbuh sudah ada yang mampu memberikan infak.

“Baznas Award 2024 yang diterima Pj. Wali Kota menjadi motivasi dan spirit baru bagi masyarakat Kota Payakumbuh terutama Muzakki (pemberi za­kat) baik pengusaha, pe­dagang dan profesional untuk menyerahkan pe­ngelolaan zakatnya melalui Baznas Kota Payakumbuh. Apalagi menjelang ramadhan 1445 H beberapa hari mendatang,” ha­rap Edi Kusmana.

Menurut Edi Kusmana, dengan perolehan zakat yang maksimal di Kota Payakumbuh tentu semakin banyak masya­rakat Kota Payakumbuh yang dapat dibantu melalui program-program yang ada baik zakat konsumtif maupun zakat pro­duktif. “Tentu harapan kita semakin banyak ma­sya­rakat kita yang terbantu melalui program zakat baik itu zakat konsumtif maupun zakat pro­duktif,” harap Edi Kusmana mengapresiasi du­kungan Pemerintah Kota Payakumbuh. (uus)

Exit mobile version