Deklarasi ODF di Limbanang, Stop BAB Sembarangan, Akses Sanitasi Diperbaiki

akselerasi— Komitmen bersama untuk mengakselerasi perwujudan 100% Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan sangat dibutuhkan untuk membantu pemerintah daerah.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Komitmen bersama untuk mengakselerasi per­wujudan 100% Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan sangat di­butuhkan untuk  membantu pemerintah daerah dalam peningkatan cakupan akses sanitasi layak di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan komitmen yang kuat dari Pemerintahan Nagari. Me­lalui deklarasi yang dibacakan Wali Nagari yang diikuti Bamus, Wali Jorong, Pemerintah Nagari, dan masyarakat dapat menciptakan Nagari Limbanang yang sehat dan ber­kualitas. Demikian rangkuman sambutan Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo saat memberikan sambutan pada deklarasi ODF di Kantor Wali Nagari Limbanang, Senin, (26/2).

Turut hadir dalam deklarasi Kepala Dinas Kesehatan Yulia Masna, Camat Suliki Adriwan beserta unsur Forkopimca, Wali Nagari Limbanang Yori Noviola bersama Bamus dan Jorong, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Bupati Safaruddin di bagian lain sambutannya mengatakan, perubahan dalam mencapai 100 % ODF tersebut dirasa berat jika tidak satu suara dalam mewujudkannya. Ia mencontohkan, bagaimana komitmen Dinas Kesehatan dalam peningkatan pelayanan. “Di tahun 2019, akreditasi Puskesmas yang ada di Limapuluh Kota belum ada yang me­nyentuh Paripurna. De­ngan komitmen dan kerja keras para petugas Pus­kesmas, alhamdulilah ta­hun 2023, 13 dari 22 Pus­kesmas di Limapuluh Kota meraih akreditasi Paripurna. Hal ini patut dicontoh oleh Pemerintah Nagari,” ulas Bupati Safaruddin.

Dia meminta ma­sya­rakat tersadarkan dengan pentingnya tidak Buang Air Besar Sembarangan (BABS) karena akan mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat. “BABS memicu sejumlah penyakit dapat menimbulkan pencemaran lingkungan, faktor lingkungan jadi salah satu indikator kesehatan. Untuk itu kami me­ngajak masyarakat untuk berperilaku hidup sehatdalam mewujudkan Kabupaten Limapuluh Kota yang sehat,” ajak Bupati.

Sementara itu, Wali Nagari Limbanang, Yori Noviola mengatakan Ma­sya­rakat sehat dapat men­ciptakan jiwa yang kuat untuk menghadapi tantangan masa depan. “Kami mengapresiasi Pus­kesmas Suliki yang telah proaktif dalam menata tatanan kesehatan di Nagari Limbanang. Untuk itu Kami Pemerintah Nagari bersama masyarakat telah berkomitmen untuk mencapai 100% ODF di Nagari Limbanang,” ung­kapnya.

Di penghujung acara, Bupati Safaruddun me­nyaksikan pembacaan nas­kah deklarasi ODF yang dibacakan Wali Nagari Yori Noviola bersama masyarakat serta menandatangi secara bergantian komitmen ODF di Nagari Limbanang. (uus)

Exit mobile version