Perantau Lima Puluh Kota, Dukung Safni Sikumbang BA 1 C

BINCANG—Tokoh perantau Lima Puluh Kota Jasrial Dt Parmato Mancayo saat berbincang dengan kawan kawan wartawan baru baru ini.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Menjelang pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lima Puluh Kota, November 2024, dukungan untuk Safni Sikumbang, menuju BA 1 C terus mengalir. Kali ini dari Perantau Lima Puluh Kota, di Jakarta, Jasrial Dt. Parmato Mancayo.

Menurut Dt Parmato Mancayo, yang juga Dewan Pembina Anies di Lima Puluh Kota, Safni Sikumbang, merupakan salah seorang putra terbaik Lima Puluh Kota yang siap mewakafkan dirinya untuk mem­bangun kampung halaman.

Dirinya meyakini, suara perantau Lima Puluh Kota yang tersebar diberbagai tempat di Indonesia sangat berpengaruh dan didengarkan oleh masyarakat dikampung halaman dalam menentukan pemimpin daerah. Karena peran perantau dalam membangun kampung halaman atau daerah juga sangat besar.

“Perantau punya peranan, 50 persen suara perantau itu didengarkan orang di kampuang,” ungkap Jasrial Dt.Parmato Mancayo, saat berbincang hangat terkait Pilkada Lima Puluh Kota dengan awak media disela-sela kesibukannya di Jakarta, Senin (19/2).

Menurut Dt Parmato Mancayo, respon perantau terhadap Safni Sikumbang maju pada Pilkada Lima Puluh Kota, sangat bagus. Terutama perantau Kecamatan Akabiluru. “Respon perantau terutama Akabiluru sangat bagus, dan tentu pak Safni Sikum­bang terus melakukan komunikasi dengan perantau dan tokoh tokoh masyarakat Lima Puluh Kota,” sebut Dt Parmato Mancayo.

Dikatakannya, walau belum ada sejarah perantau yang menjadi Bupati di Lima Puluh Kota, tapi dirinya sangat yakin dengan komunikasi yang baik antara perantau dengan masyarakat dikampung serta tokoh-tokoh masyarakat maka tidak mustahil kedepan tokoh masyarakat perantau bisa menjadi bupati Lima Puluh Kota.

Selain itu Dt Parmato juga sangat berharap hasil Pileg bisa mendudukkan satu orang anak nagari Luak Limo Puluah di DPR RI. Karena selama ini belum ada sejarah mencatat anak nagari Luak Limo Puluah yang duduk di DPR RI.  “Untuk Lima puluh kota belum ada untuk DPR RI, mudah mudahan priode ini Riza Falepi bisa duduk. Kalau memang Riza Falepi duduk di Senayan, ini pembuka sejarah. Ini trah Lima Puluh Kota, kita dibanding Agam 7:0,” ucapnya.

Salah seorang tokoh masyarakat Akabiluru Syaiful Hadi mengaku bangga jika ada anak nagari yang maju sebagai Bupati Lima Puluh Kota. Menurutnya sudah saatnya Akabiluru bangkit. “Kami ingin Akabiluru bangkit. Dan kami sudah menjajaki, kemungkinan untuk itu,” sebut Datuak Saiful Hadi.

Bisa dipastikan usai Pileg dan Pilpres sudah dapat diketahui perolehan kursi masing-masing parpol di DPRD Kabupaten Kota. Sehingga lobi-lobi kualisi parpol untuk mengusung calon diprediksi mulai dijajaki oleh tokoh-tokoh yang akan maju pada Pilkada tidak terkecuali di Lima Puluh Kota. (uus)

Exit mobile version