KAN dan Bundo Kanduang Memiliki Peran Penting Memajukan Nagari

PENGUKUHAN KAN— Plh Wali Kota Rida Ananda bersama Ketua KAN Payakumbuh YB.Dt. Parmato Alam disambut siriah jo carano pada acara pengukuhan KAN Tiakar.

TIAKA, METRO–Plh. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda me­lantik pengurus KAN dan Bundo Kanduang Kenagarian Tiakar masabakti 2023-2028 di Balai Adat Tiaka, Rabu (27/9). Berdasarkan keputusan Wali Kota Payakumbuh Nomor: 130.13/499/Wk-Pyk/2023 tentang penetapan pengurus KAN Tiakat Kecamatan Payakumbuh Timur, Arizal Arda Dt. Podo Nan Putih dipercaya sebagai ketua KAN Tiakar untuk lima tahun kedepan.

Sedangkan untuk Bundo Kanduang Kenagarian Tiakar diketuai oleh Rita Eliza sesuai dengan keputusan Bundo Kanduang Kota Payakumbuh Nomor: KEP.03/BK-PYK/III/2023 tentang pengukuhan Bundo Kanduang Nagari Ti­akar masa bakti 2023-2028.

“Selaku Plh. Wali Kota Payakumbuh, saya me­ngucapkan selamat, kepada Pengurus KAN dan Bundo Kanduang Nagari Tiakar yang baru saja dilantik,” kata Plh. Wako Payakumbuh Rida Ananda.

“Kami juga ingin me­nyampaikan, apresiasi dan terima kasih, kepada pengurus KAN beserta Bundo Kanduang periode sebelumnya, atas dedikasi dan pengabdiannya, dalam membangun kelurahan yang ada di Nagari Tiakar,” tambahnya.

Rida mengatakan, pe­ngukuhan pengurus KAN dan Bundo Kanduang, me­rupakan momentum penting, dalam upaya men­jaga kelestarian adat istiadat dan budaya Minangkabau.

KAN dan Bundo Kan­duang, memiliki peran penting, dalam menjaga keharmonisan dan keru­kunan masyarakat, serta memajukan pembangu­nan Nagari. “Kami berharap agar KAN dan Bundo Kanduang, dapat bekerja sama dengan peme­rintah daerah, dalam mem­bangun Nagari Tia­kar, yang lebih maju dan sejahtera,” tutupnya.

Sementara itu Ketua LKAAM Kota Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam me­ngatakan KAN dan Bundo Kanduang telah memainkan peran penting, dalam menjaga keharmonisan dan kerukunan masya­r­­a­kat, serta memajukan pembangu­nan Nagari. “Ka­mi yakin, bahwa pe­ngurus KAN dan Bundo Kanduang yang baru, dapat melanjutkan, tongkat estafet kepemimpinan dan pembangunan Nagari Tiakar ke arah yang lebih baik,” katanya.

Ia berpesan, agar pengurus KAN dan Bundo Kanduang yang baru, dapat bekerja keras dan ber­karya demi kemajuan Nagari Tiakar. Serta mampu berperan aktif dalam berbagai bidang pemba­ngu­nan, mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, hingga sosial budaya.

“Dengan kerja sama yang baik antara peme­rintah daerah, KAN, dan Bundo Kanduang, saya yakin, bahwa masyarakat di Nagari Tiakar akan menjadi nagari yang maju dan sejahtera, serta menjadi contoh bagi Nagari-Nagari lainnya di Kota Payakumbuh,” pungkas­nya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Asisten II Elzadaswarman, Danyon 131/Brs, Kepala OPD, Ka­polsekta Payakumbuh, Camat Payakumbuh Ti­mur, Lurah se-Kecamatan Payakumbuh Timur, KAN 10 Nagori Kota Payakumbuh, Niniak Mamak dan Bundo Kanduang Nagari Tiakar serta tamu unda­ngan lainnya. (uus)

Exit mobile version