Harga Beras Meroket, Bupati Tinjau Ketersediaan Beras di Gudang Bulog

DENGARKAN—Bupati Safaruddin saat mendengarkan pemaparan Pimpinan Cabang Bulog Bukittinggi Sri Wahyuni di gudang bulog Tanjuang Pati

LIMAPULUH KOTA, METRO–Guna memastikan pe­nyaluran bantuan beras Badan Pangan Nasional (Bapanas) berjalan lancar, Bupati Limapuluh Kota H.Safaruddin Dt.Bandaro Rajo bersama Pimpinan Cabang Bulog Bukittinggi Sri Wahyuni dan Kepala Pos Payakumbuh Titik Pe­lita melaksanakan peninjauan stok beras di Gu­dang Bulog Tanjung Pati, akhir pekan kemarin.

Peninjauan tersebut merupakan tindak lanjut hasil rapat yang dipimpin Bapak Presiden RI, Joko Widodo pada tanggal 31 Agustus 2023 serta surat Sekretaris Kabinet Nomor B.0441/Seskab/Ekon/09/2023 tanggal 2 September 2023 perihal Percepatan Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Pangan Beras bagi masyarakat penerima manfaat.

Tidak hanya itu, pe­nyaluran Cadangan Pa­ngan Pemerintah (CPP) sebanyak 213.530 ton secara nasional tersebut juga menjadi salah satu upaya penurunan stunting di daerah. Bupati menyampaikan kepada awak media, jika penyaluran CPP merupakan salah satu u­paya pemerintah dalam meningkatkan akses pa­ngan bagi masyarakat.

”Selain bertujuan untuk memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat yang terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), penyaluran CPP bersama Perum Bulog dan Pos Indonesia dapat me­ngurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan sasaran sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan dan  mengintervensi harga beras yang beberapa waktu belakangan mengalami kenaikan,” ungkapnya.

Melalui penyaluran ban­tuan ini, Bupati Safaruddin berharap  distribusi bantuan tersebut dapat terselenggara dengan cepat dan merata. Bupati mengucapkan terima­ka­sih atas atensi dan bantuan yang diberikan Perum Bulog dan Pos Indonesia, sehingga bisa memastikan penyaluran bantuan tepat sasaran dan tepat waktu.

Sementara itu, Sri Wah­yuni menyampaikan Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Ba­pa­nas) menugaskan Perusahaan Umum (Perum) Bulog bersama Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melalui Dinas Pangan dan Dinas Sosial serta PT. Pos Indonesia Kantor Cabang Payakumbuh me­nyalurkan Program CPP untuk Pemberian Bantuan Pangan tahun 2023 yang menyasar 40.470 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di Kabupaten Limapuluh Kota untuk periode September.

”Bantuan beras yang disalurkan Perum Bulog dilakukan pengecekan kon­disi kualitas dan kuantitasnya sebelum dise­rahterimakan dengan meng­g­unakan komoditas beras medium dengan kemasan 10 kg, yang kemudian dilakukan koordinasi de­ngan pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dan transporter yang ditunjuk yaitu PT. Pos Indonesia untuk mendistribusikan beras bantuan pangan sesuai dengan penunjukan wilayah kerja masing-ma­sing,” papar­nya. (uus)

Exit mobile version