BNN Kota Payakumbuh Dorong Tes Urine di Sekolah

M. Febrian Jufril (Kepala BNNK Payakumbuh)

PAHLAWAN, METRO–Badan Narkoba Nasional Kota (BNN) Kota Payakumbuh mendorong pihak-pihak terkait di Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota) untuk menggelar Tes Urine di sekolah. Hal tersebut dilakukan karena akhir-akhir ini marak kasus peredaran gelap dan Penyalah­gunaan Narkoba yang melibatkan siswa atau peserta didik.

Menurut BNNK, Pe­ran serta semua pihak dalam upaya pence­ga­han sangat diperlukan, sebab pencegahan atau preventif sangat penting dilakukan agar peserta didik tidak terlibat dalam peredaran gelap dan Penyalahgunaan Nar­kotika, baik sebagai pe­makai, kurir, pengedar maupun Bandar.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Narkoba Nasional Kota (BNN) Kota Payakumbuh, M. Febrian Jufril terkait kembali ditangkapnya peserta didik (4 siswa SMA) oleh Anggota Phantom Squad Satres­narkoba Polres Payakumbuh saat hendak mengantar pesanan Narkoba jenis ganja kering.

”Upaya yang penting kita lakukan adalah, preventif atau pencegahan. Kita Lakukan sosialisasi kepada peserta didik di sekolah akan bahaya, dampak dari Narkotika secara hukum maupun medis. Sehingga mereka mendapatkan pemahaman,” ujarnya, Senin (14/8).

Ia juga menambahkan, disamping itu yang juga perlu jadi perhatian semua kalangan, khususnya dunia pendidikan dan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan peran serta dalam melakukan penanggulangan terhadap peredaran gelap dan Penyalahgunaan Narkotika.

”Penanggulangan terhadap peredaran gelap dan Penyalahgunaan Narkotika perlu jadi perhatian semua kalangan, khususnya dunia pendidikan dan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan peran serta,” tambahnya.

Putra Mantan Kapolres Bukittinggi itu juga menambahkan, yang tak kalah penting dari bagian pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan pendeteksian dini terhadap siswa dengan melakukan Tes Urine di sekolah.

”Kita dorong Dinas Pendidikan dan Kacapdin harus turun tangan memfasilitasi sekolah-sekolah untuk lakukam upaya preventif/pencegahan dengan pendeteksian dini terhadap siswa dengan melakukan Tes Urine di sekolah,” ujarnya.

Sebab Dunia Pendidikan menurut M. Jufril adalah tempat dimana mencetak generasi penerus bangsa. “Dunia Pendidikan adalah tempat mencetak generasi penerus bangsa, untuk itu perlu konsen bersama dalam upaya pencegahan di sekolah,” harapnya.

Sebelumnya diberitakan, empat orang siswa di berbagai SMA dan SMK di Luak Limopuluah ditang­kap Phantom Squad Satresnarkoba di dua tempat berbeda di wilayah hukum Polres Payakumbuh, dari penangkapan itu juga diamankan belasan paket Narkoba jenis ganja kering siap edar serta uang yang diduga hasil penjualan Narkoba. (uus)

Exit mobile version