Pengukuhan Pengurus KAN dan Bundo Kanduang Labuah Gunuang, Bupati: Jalin Sinergi dan Komunikasi dengan Pemerintah Nagari

FOTO BERSAMA— Bupati bersama KAN dan tokoh-tokoh masyarakat.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, menumpangkan harapan kepada pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan Bundo Kanduang Labuah Gunuang yang baru dilantik untuk bersinergi dan menjalin komunikasi yang baik dengan pe­merintah Nagari.

“Harapan kami tompangkan kepada para pe­ngurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan Bundo Kanduang Labuah Gunuang yang baru dilantik untuk bersinergi dan menjalin komunikasi yang baik dengan Pemerintahan Nagari dalam upaya percepatan pembangunan di Labuah Gunuang maupun Lima­puluh Kota,” begitu dipesankan Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, saat alek pengu­kuhan pengurus KAN dan Bundo Kandung Nagari Labuah Gunuang.

Tampak juga hadir asisten II Eki Hari Purnama, Camat Lareh Sago Halaban, Wahyu Marmora, puluhan niniak mamak dan bundo kanduang yang memakai baju adat kebesarannya, Pelantikan tersebut turut dihadiri oleh Laksmana Muda TNI Purn. Yuhastihar, Anggota DPRD Limapuluh Kota Dalius, Unsur Forkopimca, dan Wali Nagari se Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Dengan telah dikukuhkannya pengurus KAN dan Bundo Kanduang, Bupati Safaruddin turut mengajak Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Pemuda Paga Nagari serta masyarakat Labuah Gunuang untuk bersama-sama memajukan nagari.

“Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Nagari Labuah Gunuang bersama masyarakat yang sukses menyelenggarakan Alek Nagari yang meriah,” sanjung Bupati.

Kemudian dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota berupaya melegalisasi KAN di Nagari dan telah mengusulkannya ke Kementerian Dalam Negeri.  Selain itu, Bupati meminta pening­katan peran Niniak mamak dalam upaya mewu­judkan pencatatan barih balabeh Nagari Labuah Gunuang dalam upaya  melestarikan adat budaya di labuah Gunuang. (uus)

Exit mobile version