Jadi Pembina Hari Amal Bakti Kemenag ke 76, Riza Falepi: Jadikan Agama Sebagai Inspirasi dan Penggerak Daya Kreativitas

Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas," kata Wali Kota Riza Falepi saat didaulat menjadi Pembina Upacara Hari Amal Bakti Kemenag ke 76 yang digelar di Lapangan Sari Bulan, Senin (3/1).

SAWAHPADANG, METRO–Wali Kota Riza Falepi menyampaikan di usia yang ke-76 ini, Kementerian Agama harus terus bertbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara ber­samaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik. “Jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas,” kata Wali Kota Riza Falepi saat di­daulat menjadi Pembina Upacara Hari Amal Bakti Kemenag ke 76 yang digelar di Lapangan Sari Bulan, Senin (3/1).

Upacara itu diikuti oleh Kakankemenag Ramza Husmen dan jajaran, unsur forkopimda, serta insan pendidikan dari se­kolah yang berada di ba­wah komando Kantor Kemenag Kota Payakumbuh.

Wali Kota Riza Falepi juga berpesan agar Kemenag menjadikan Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi ba­gian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama.

“Saya percaya apabila berpegang teguh pada itu semua, Pegawai Apa­ratur Sipil Negara Kementerian Agama akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa. Apa yang kemudian menjadi tagline Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kemen­terian Agama, yaitu Transformasi Layanan Umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan. Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada ma­syarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur dan mem­permudah kinerja yang mempercepat Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” kata Riza.

Sementara itu, dari keterangan Kakankemenag Ramza Husmen, sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih, Kementerian Agama telah mengajukan kepada Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara.

“Alhamdulillah, Bapak Presiden telah mengabulkan permohonan tersebut dan pada Hari Amal Bakti ke-76 ini, atas nama Ba­pak Presiden, diberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama,” kata Ramza.

Wali kota Riza Falepi dan segenap Unsur Forkopimda juga mengucapkan selamat kepada para pe­nerima penghargaan.

“Semoga pengharga­an tersebut semakin me­ningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari korps Kementerian Agama,” ha­rap Riza bersama pejabat yang hadir.

Pasca upacara, selain penyerahan penghargaan kepada ASN kemenag, juga dilaksanakan penye­rahan penghargaan kepada tokoh-tokoh yang berjasa seperti warga yang menghibahkan tanah untuk pengembangan pembangunan sekolah-se­ko­lah kemenag, penggiat anti korupsi zona integritas kemen­terian agama, duta za­kat, bahkan juga kepada o­rang tua siswa laki-laki yang perhatian kepada prestasi anaknya di RA. ( uus)

Exit mobile version