Masuk 50 Besar ADWI, Kemenparekraf RI Lakukan Pengecekan Sekretariat Pokdarwis dan Destinasi Wisata Pagadih

AGAM, METRO–Pemerintah Kabupaten Agam melakukan berbagai persiapan menyambut kedatangan Kemenparekraf RI ke Nagari Padagadih, Kecamatan Palupuah, sebagai nominator 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Informasi dari Disparpora Kabupaten Agam, kunjungan Kemenparekraf RI antara Juli atau Agustus mendatang, gu­ na melakukan visitasi ke Nagari Pagadih sebagai nominator 50 besar ADWI tahun ini.

“Berbagai persiapan su­dah kita lakukan sejak akhir bulan lalu, yang diawali dengan rapat koordinasi bersama pihak terkait,” ujar Kabid Pe­ngembangan dan Promosi Pariwisata Disparpora Agam, Adek Ariani, Jumat (7/6).

Kemudian katanya, dilanjutkan dengan tinjau lapangan untuk melihat apa saja yang perlu dipersiapkan, serta melengkapi kebutuhan penunjang guna menyukseskan visitasi tersebut.

“Dalam visitasi tim Kemenparekraf RI akan mengecek sekretariat Pokdarwis, serta destinasi wisata yang ada di Pagadih,” terangnya.

Tidak hanya itu, pengecekan juga dilakukan terhadap lokasi produksi produk ekraf dan UKM, Homestay, kebersihan sarana umum serta presentasi Ketua Pokdarwis dan wali nagari.

Ditambahkan, visitasi ini guna mencari pemenang desa wisata setiap kategori. Diharapkannya nanti Pagadih menjadi desa wisata terbaik tahun ini.

“Ada 5 kategori di ajang ADWI ini seperti, daya tarik wisata, amenitas, digital, kelem­bagaan dan SDM, serta resiliensi. Masing-masing nanti dipilih 10 pemenang, juara I hingga harapan 5,” terangnya. (pry)

Exit mobile version