Pemudik Bisa Akses Layanan BPJS Kesehatan di Seluruh Indonesia

KONFERENSI PERS— Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi Haris Prayudi dan Kepala Dinas Kesehatan Bukittinggi Linda Faroza saat konferensi pers dengan wartawan di kantor BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Senin (1/4).

BUKITTINGGI, METRO–Masyarakat pengguna kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan tidak perlu khawatir jika mengalami sakit selama perjalanan mudik dan balik libur lebaran idul Fitri 1445 H-2024 M. Karena, kartu JKN bisa digunakan diseluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, pelayanan BPJS Kesehatan tidak ribet dan sulit. Masyarakat cu­kup memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada petugas kesehatan di Puskesmas, sudah langsung dapat dilayani. Hebatnya lagi, masyara­kat pemudik jika sakit di luar wilayah domisilinya, juga bisa mendatangi pus­kesmas terdekat.

Dan selama cuti bersama dan libur lebaran idul Fitri 1445 H-2024 M, BPJS Kesehatan, tetap mela­yani masyarakat baik dikantor cabang maupun melalui berbagai kanal layanan yang sudah disediakan untuk mempermudah pengguna kartu JKN dalam mengakses layanan berobat dan men­dapatkan obat.

“Selama cuti bersama dan libur lebaran 1445 H-2024 M, mulai 8-15 April BPJS Kesehatan berkomitmen mempermudah peserta BPJS Kesehatan men­dapatkan pelayanan kesehatan. Kemudian bagi masyarakat peserta JKN yang mudik atau melakukan perjalanan bisa berobat dimana saja diseluruh wilayah Indonesia,” begitu disampaikan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Bukittinggi, Haris Prayudi, SKM, dikantornya Senin (1/4), dalam acara jumpa pers kepada wartawan terkait layanan program JKN saat libur lebaran 2024 mudik aman berkesan bersama BPJS Kesehatan.

Disampaikan Haris Pra­yudi, pelayanan dikantor cabang BPJS Kesehatan tetap bisa dilakukan selama libur lebaran. Selain itu, masyarakat bisa mengakses layanan melalui kanal Pandawa pada nomor 08118165165, kemudian bisa melalui VIKA, BPJS Satu, Care Center 165, Website BPJS Kesehatan go.id, CHIKA pada nomor 08118750400.

“Kita juga punya Mobile JKN, pada kanal la­yanan ini peserta bisa men­daftar sebagai peserta JKN, melakukan perubahan data, info layanan, konsultasi dengan dokter, termasuk ketersediaan ruangan di fasilitas kesehatan dan lainnya. Dan kita juga terus melakukan inovasi untuk bisa memberikan pelayanan maksimal kepada peserta JKN dengan menghadirkan Icare, dimana program baru ini memudahkan pe­tugas dalam mengetahui riwayat pelayanan selama 1 tahun terakhir,” ungkapnya.

Dia juga mengingatkan terkait dengan iuran BPJS Kesehatan bagi peserta mandiri untuk dapat dilakukan sebelum tanggal 10 setiap bulannya. “Mengingat libur dan cuti lebaran tanggal 8-15 maka peserta JKN tetap bisa melakukan pembayaran iuran khusus bagi yang mandiri tepat waktu. Karena saat ini iuran sudah dapat dibayarkan diber­bagai tempat baik bank, kantor pos dan lainnya yang sudah tersedia. Se­hingga kartu JKN kita tetap aktif saat mudik dan balik libur lebaran ini,” harap­nya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi Linda Faroza, pada kesempatan itu me­nyampaikan bahwa fasilitas kesehatan yang ada seperti puskesmas dan RS standby untuk melayani masyarakat selama libur lebaran. “Jadi masyarakat bisa mengakses pelayanan kesehatan di puskesmas dan RS, semuanya standby. Bahkan kita juga sediakan ambulance gra­tis untuk menjemput pa­sien,” ungkapnya.

Selain itu ada titik-titik posko pelayanan kesehatan yang disediakan Pemko Bukittinggi selama libur lebaran seperti di Jam Gadang, Terminal Aur Ku­ning, Objekwisata, dan didepan kantor pos Kota Payakumbuh. “Kita juga ada pos kesehatan yang selalu siap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” sebutnya. (uus)

Exit mobile version