Ketua TP PKK Agam Narasumber Rakor TPPS Kecamatan dan Nagari

NARASUMBER— Ketua TP-PKK Agam, Ny Yenni Andri Warman menjadi narasumber pada Rakor Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kecamatan dan Nagari di Aula Kantor Wali Nagari Ladang Laweh, Kecamatan Banuhampu, Selasa (17/10).

Ketua TP-PKK Agam, Ny Yenni Andri Warman menjadi narasumber pada Rakor Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kecamatan dan Nagari di Aula Kantor Wali Nagari Ladang Laweh, Kecamatan Banuhampu, Selasa (17/10).

Pada kesempatan itu, Ny Yenni membawakan materi “Peran Tim Penggerak PKK dalam Percepatan Penurunan Stunting”.

Dalam paparannya, Ny Yenni menjelaskan visi PKK, yaitu Mewujudkan Keluarga Sehat, Cerdas, Berdaya Guna, Berakhlak Mulia dan Berbudi Pekerti Luhur. Dalam visi itu, ada unsur sehat yang menurutnya terkait erat dengan pencegahan stunting.

Ny Yenni menjelaskan, PKK bekerja untuk menggerakan partisipasi aktif masyarakat, khu­susnya dalam penurunan angka stunting tersebut, PKK harus jeli dan peka terhadap masyarakat disekitarnya.

“Kita PKK harus senantiasa menggerakkan masyarakat di lingkungan masing-masing khususnya bagaimana kita dapat mengetahui permasalahan ada atau tidak adanya kasus stunting di lingkungan kita,” ucapnya.

Ditambahkan, TP PKK merupakan organisasi dengan struktur kepengurusan paling lengkap hingga lingkup keluarga yang disebut dasa wisma. Dengan struktur yang lengkap, TP PKK menggerakkan peran aktif masyarakat, khususnya dalam upaya per­cepatan penurunan angka stunting.

“PKK Kecamatan, Nagari dan Jorong merupakan ujung tombak atau orang terdekat yang dapat mengetahui berbagai macam persoalan di wilayah masing-masing khususnya kasus stunting,” tuturnya.

Ditegaskan bahwa, kerja sama dan kolaborasi lintas sektoral merupakan salah satu kunci utama percepatan penurunan angka stunting. “Diperlukan kerja sama dan kolaborasi lintas sektoral secara berjenjang dan komitmen baik dari Camat, Wali Nagari, Forkopimca, Ketua TP PKK Kecamatan, Nagari hingga kepada para kader-kader di wilayah masing-masing,” ungkap Ny Yenni.

Ny Yenni berharap, dengan Rakor TPPS Ke­camatan dan Nagari ini, bersama menangani cara untuk menurunkan bahkan menghilangkan stunting di Kabupaten Agam ini. (pry)

Exit mobile version