Wabup Rahmang Launching ”Genius” di SDN 02 2×11 Enamlingkung

PDG. PARIAMAN, METRO–Kabupaten Padangpa­riaman merupakan salah satu dari 50 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang menjadi lokasi pelaksa­naan Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa (Genius). Ke­giatan ini merupakan kola­borasi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, de­ngan Dinas Pendidikan dan Kebuda­yaan, serta Dinas Kesehatan Kabupaten Pa­dang­pariaman.

Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang kemarin, laksanakan laun­ching genius secara serentak untuk Kabupaten Pa­dangpariaman dipusatkan di SDN 02 2×11 Enam Ling­kung.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional tahun 2023 yang bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia, dian­taranya anak sekolah da­sar yang akan memasuki usia produktif di tahun 2045,” ungkap Wabup Rahmang, kemarin, saat melaunching kegiatan tersebut.

Ia menambahkan, semoga dengan adanya laun­ching Genius ini bisa menjadi wadah dalam pencegahan stunting dan siswa dapat memahami akan kebutuhan gizi sehingga dapat memperbaiki pola hidup­nya.

Sementara Ketua TP-PKK Padangpariaman Yus­rita Suhatri Bur turut me­nyampaikan dukungannya terkait pelaksanaan kegiatan Genius ini. Menurutnya, tingkat kecerda­san ditentukan oleh apa yang dikonsumsi. Dengan de­mikian ia berharap, a­nak-anak usia sekolah dapat mengkonsumsi makanan sesuai dengan stan­dar kebutuhan gizi seimbang.

Dikesempatan yang sa­ma, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pa­ngan Kabupaten Padangpariaman Yusrisman me­nyebutkan, sebanyak 481 siswa sekolah dasar di Padangpariaman penerima manfaat kegiatan Genius ini, yang terdiri dari 3 sekolah dasar, yaitu 227 siswa SDN 09 Patamuan, dan 163 Siswa SDN 03 Lubuk Alung, dan 110 siswa SDN 02 2×11 Enam Ling­kung. “Pemberian kudapan bergizi ini akan dilakukan sebanyak 20 kali pemberian dengan 10 me­nu yang berbeda. Selain itu, juga akan diberikan edukasi tentang pangan bergizi oleh tim dari Asosiasi Institusi Pendi­dikan Gizi Indonesia (AIPGI) dan tim Dinkes Pa­dang­pariaman,” ungka­pnya. (efa)

Exit mobile version