Gurami, Program Unggulan Forikan Agam dalam Meningkatkan Konsumsi Ikan

LAUNCHING PROGRAM— Asisten I Setda Kab Agam, Rahman bersama Ketua Forikan Agam, Ny Yenni Andri Warman melaunching program Gurami.

AGAM, METRO–Forikan Kabupaten Agam lahirkan program unggulan dalam meningkatkan konsumsi ikan di daerah itu. Program unggulan itu adalah “Gerakan Urang Agam Makan Ikan (Gurame)”.

Selasa, (22/8), Gurame di launching Bupati Agam diwakili Asisten I Setda Kab Agam, Rahman, di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam. “Ini sebuah inovasi yang harus kita dukung secara bersama, supaya program bisa berjalan maksimal,” ujar Rahman.

Melalui program ini katanya, bagaimana taraf kesehatan masyarakat bi­sa menjadi lebih baik, dengan mengkonsumsi ikan sebagai komoditas bahan pangan bergizi tinggi. “Ini juga akan mendukung program penanganan stunting di Ka­bupaten Agam,” katanya.

Dikatakan, potensi dan produksi perikanan di Ka­bupaten Agam tinggi, yang dapat meningkatkan konsumsi makan ikan pada masyarakat secara menyeluruh. “Maka kita harap program ini tidak hanya sekedar imbauan saja, tapi betul-betul terlaksana di tengah masyarakat,” ha­rapnya.

Sehingga katanya lagi, perlunya kolaborasi seluruh OPD, wali nagari dan seluruh elemen masya­rakat dalam menjalankan program itu.

Ketua Forikan Agam, Ny Yenni Andri Warman mengatakan, GURAMI su­atu gerakan yang terdiri dari berbagai kegiatan, dalam meningkatkan angka konsumsi ikan di Agam.

“Dari berbagai kegiatan, diantaranya menge­dukasi masyarakat tentang pentingnya meng­kon­sumsi ikan,” sebutnya.

Melalui gerakan ini, diharapkannya ke depan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan meningkat. “Terutama bagi ibu hamil, menyusui dan balita yang membutuhkan banyak gizi agar bisa tumbuh serta ber­kembang dengan baik dan sehat,” tukasnya.

Pada kesempatan itu, pengurus Forikan Agam periode 2021-2024 kembali di­kukuhkan, mengingat ada perubahan struktur organisasi. Kemudian pe­nye­rahan produk makanan olahan ikan secara simbolis kepada keluarga berisiko stunting, serta rakor Forikan Agam dengan narasumber dari Pemprov Sumbar. (pry)

Exit mobile version