TPK IASMA Landbouw Gelar Aksi Kemanusiaan, Operasi Bibir Sumbing Didukung 3 Kepala Daerah

AKSI KEMANUSIAAN— Tim Peduli Kemanusiaan (TPK) Ikatan Alumni SMAN 1 Landbouw Bukittinggi (IASMA 1) segera gelar aksi kemanusiaan operasi bibir sumbing.

BUKITTINGGI, METRO–Untuk memaksimalkan salah satu program kerja kemanusiaan tahun 2022, Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing Gratis, Tim Peduli Kemanusiaan (TPK) Ikatan Alumni SMAN 1 Landbouw Bukittinggi (IASMA 1), Rabu (19/1) langsung bergerak cepat, dengan mengunjungi tiga kepala daerah dari 19 kabupaten dan kota di Provinsi Sumbar.

TPK IASMAN 1 Landbouw Bukittinggi menurunkan dua tim sekaligus untuk mengunjungi tiga daerah. Rombongan pertama yang dipimpin Dodi Syukri didampingi Rusdianto dan Gustianov Visco bergerak menuju Kota Sawahlunto dan Padangpanjang.

Sementara rombongan kedua mengunjungi Kabupaten Limapuluh Kota dipimpin Tuty Suryani Sofyan didampingi Eril Anwar dan Fery Chofa yang notabene juga ASN dan Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Limapuluh Kota.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyambut hangat rombongan TPK IASMA. Dalam diskusi itu, Deri Asta, merespon positif rencana bakti sosial operasi TPK Iasma. “Kami akan koordinasikan dengan Dinas Kesehatan, untuk mencari pasien yang memenuhi syarat untuk dikirim ke Rumah Sakit Ahmad Muchtar Bukittinggi pada saat pelaksanaan operasi,” ungkap Deri.

Sambutan dan respon serupa, kurang lebih sama juga diberikan Wali Kota Padangpanjang, Fadhly Amran di rumah dinas Wako Pa­dangpanjang.

Program bakti sosial seperti ini perlu ditiru secara meluas lagi dan bisa dijadikan role model oleh berbagai komunitas alumni lainnya di berbagai daerah,” ujar Wali Kota muda enerjik yang juga Ketua DPD KNPI Provinsi Sumatra Barat tersebut.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo di ruang kerjanya, juga menyampaikan dukungan terhadap kegiatan kemanusiaan IASMA 1 Landbouw Bukittinggi ini.

Bupati Niniak Mamak yang meniti karir politiknya dari bawah sebagai kepala desa dan akrab disapa dengan sebutan Datuak Safar tersebut, sangat respon dan familiar dengan berbagai kiprah kegiatan kemanusiaan Iasma 1 Landbouw Bukittinggi di Luhak Nan Bungsu tersebut. Mulai dari sunatan massal, operasi katarak, sapi qurban hingga bantuan di masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan positif yang memberikan manfaat bagi perbaikan kehidupan masyarakat seperti inilah yang kita harapkan dari komunitas alumni yang ada, tentunya hal ini kami sambut baik karena juga turut membantu meringankan beban tugas pemerintahan dengan adanya partisipasi komunitas sebagai salah satu elemen pentahelix pendukung dalam membangun kebersamaan dalam pembangunan,” jelas Dt Safar.

Kegiatan sosial operasi bibir sumbing gratis yang diprakarsai Tim Peduli Kemanusiaan (TPK) IASMANegeri 1 Landbouw Bukittinggi ini, bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia ( PDGI ) Sumbar, Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Masilofasial Indonesia (PABMI) Sumbar, Smile Train Indonesia dan RSUD Dr Achmad Mochtar Bukittinggi.

Bakti sosial tersebut mengambil tema “ Senyum Dan Tawamu Bahagia Kita Bersama“ ini berupaya meringankan beban penderita, orang tua dan keluarga, untuk membantu menyelesaikan masa­lah. Direncanakan akan ada kurang lebih 36 pasien dari 18 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat akan dioperasi mulai dari pertengahan Februari hingga awal Maret 2022. (pry)

Exit mobile version