Pemkab Teken MoU dengan UMSB, Upaya Meningkatkan SDM Masyarakat

TANDATANAGAN—Tingkatkan SDM, Pemkab Agam segera teken MoU dengan UMSB

AGAM, METRO
Dalam meningkatkan taraf pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Pemkab Agam bakal menjalin kerja sama dengan enam perguruan tinggi di Sumbar. Hal itu diketahui usai pertemuan antara Pemkab Agam dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) di Mess Belakang Balok, Minggu (25/4).

Bupati Agam Andri Warman menyebutkan, Pemkab Agam berkomitmen meningkatkan taraf pendidikan dan SDM masyarakat setempat. Untuk mewujudkan komitmen itu, pihaknya menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi.

“Direncanakan ada enam perguruan tinggi, yang sudah pasti telah lima perguruan tinggi. Dalam waktu dekat kita akan meneken MoU dengan UMSB setelah sejumlah konsep rampung direvisi,” ujar Andri usai audiensi.

Disebutkan, bentuk kerja sama yang dilakukan dengan perguruan tinggi adalah mencari peluang beasiswa bagi pelajar SMA berprestasi tapi kurang mampu dan peningkatan jenjang pendidikan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Agam. “Kami juga berkeinginan melahirkan satu sarjana di satu jorong yang ada di Kabupaten Agam ini,” sebut Andri.

Menurut bupati, taraf pendidikan ASN di lingkungan Pemkab Agam sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Karena pendidikan menentukan sikap ASN dalam melayani masyarakat, bukan mental minta dilayani tetapi melayani.

Rektor UMSN, Dr Riki Saputra menyebutkan, dalam waktu dekat kampusnya merencanakan pertemuan kembali bersama Pemkab Agam untuk mengkonkritkan dan menspesifikan bentuk kerja sama. “Menurut kami, Kabupaten Agam merupakan salah satu daerah yang tepat untuk pengembangan kampus, untuk itu kita akan bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten Agam dalam memajukan dunia pendidikan,” ucap Riki.

Ditambahkan Riki, pihaknya berharap bakal terjalin kerja sama yang konkrit antara Pemkab Agam dengan UMSB. Menurutnya baik UMSB dan Pemkab Agam memiliki visi yang sama dalam memajukan dunia pendidikan. ”Sesuai jargon kita di Muhammadiyah, kerja sama yang terjalin jangan hanya di atas kertas, tapi juga menampakkan hasilnya bagi masyarakat,” ujarnya. (pry)

Exit mobile version