Mahasiswa Unand Pengabdian di Nagari Manggopoh

AGAM, METRO – Sebanyak 31 mahasiswa dari Universitas Andalas Padang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung selama 45 hari. Kedatangan mashasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat selama 45 hari kedepan diterima oleh Camat Lubuk Basung Harmezi, Selasa (2/7).
Mahasiswa yang dua diantaranya merupakan mahasiswa asal Osaka City University Jepang diserahkan oleh Ketua UPT KKN Unand Professor Syamsuardi didampingi dosen Pembimbing Lapangan Zozi Aneloinoli kepada Camat dan Walinagari Mangggopoh Ridwan.
Dengan pelaksanaan KKN, Harmezi mengharapkan kehadiran mahasiswa bisa membawa dampak positif bagi perubahan serta memberikan pradikma positif bagi inovasi nagari yang ada di Kecamatan. Disamping itu mahasiwa yang KKN merupakan mahasiswa yang telah dibekali ilmu dan sudah mampan, sehingga ilmu yang diperoleh di kampus bisa dipraktekkan.
“Para mahasiswa yang telah menjalani kuliah di kampusnya, tentu membawa bekal ilmunya untuk diterapkan di masyarakat. Sehingga apa yang mereka berikan nantinya bisa berguna bagi kita semua terutama masyarakat nagari,” kata Harmezi.
Harmezi menambahkan 31 Mahasiswa yang melaksanakan KKN akan mendapat pembinaan langsung dari dirinya selaku Camat lubuk basung. Secara mekanisme, ia akan mengarahkan mahasiswa potensi apa saja yang harus di gali di setiap nagari.
“Bupati Agam saat ini terus menggalakan, Agam menyemai, Agam menanam, Agam peduli, serta gerakan Nagari Madani. Tentu banyak hal yang bisa mereka kembangkan melalui program Bupati Agam tersebut. Tidak itu saja mereka juga bisa menggali sejarh-sejarah yang ada di Kecamatan kita ini,contohnya saja sejarah pahlawan Siti Manggopoh, mereka bisa menggali secara langsung bagaimana sosok seorang wanita yang tangguh bisa memberikan hadiah yang tidak terhingga nilainya yang kita rasakan saat sekarang,” ungkapnya.
Harmezi mengharapkan ketika mereka sudah selesai melaksanakan KKN, ilmu yang mereka berikan bisa menambah wawasan bagi masyarakat dalam pengelolaan nagari, serta mampu melahirkan inovasi baru demi kemajuan nagari agar menjadi pilot projek nanti.
“Saya sangat berterimakasih kepada pihak Unand yang telah mempercayai Kecamatan Lubuk Basung Nagari manggopoh sebagai tempat KKN Mahasiswa Unand. Semoga apa yang mereka inginkan bisa tercapai, begitu juga sebaliknya ilmu yang mereka gali selama ini bisa menjadi inovasi atau gagasan tersendiri bagi masyarakat kita ini harapanya,” pungkasnya. (pry)

Exit mobile version