Antisipasi Bencana, Pemko Tingkatkan SDM

H GENIUS Umar mengatakan daerahnya salah satu wilayah yang rawan dengan berbagai jenis bencana alam. Salah satunya bencana gempa dan tsunami. Berdasarkan kondisi demikian Pemko Pariaman telah melakukan antisipasi jika terjadi bencana gempa dan tsunami dengan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Kota Pariaman. Dengan demikian Pemko Pariaman dapat antisipasi dan menekan korban kalau terjadi musibah bencana alam tersebut.
“Namun demikian kita meminta kepada semua masyarakat Kota Pariaman agar selalu berdoa kepada allah SWT agar daerah kita dijauhi dari berbagai jenis bencana alam,” kata Walikota Pariaman Genius Umar, kemarin.
Katanya, Pemko Pariaman juga telah melakukan persiapan dari membuat petas dan jalur evakuasi serta pemanfaatan gedung bertingkat sebagai shelter, kalau terjadi musibah masyarakat telah mengetahui kemana tujuan mereka dalam menyelamatkan dirinya.
“Persiapan tersebut diperlukan karena sepanjang pantai Pariaman merupakan kawasan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Namun sebagai daerah yang rawan bencana maka masyarakat harus memiliki ilmu agar dapat menyelamatkan diri dari bencana itu,” ujarnya.
Dikatakan, anggota BPBD yang harus memiliki ilmu lebih tentang gempa dari pada warga biasa. Ilmunya itu disebarkan dan disampaikan kepada semua masyarakat Kota Pariaman dalam rangka pendidikan atau menambah Sumber Daya Manusia (SDM) tentang bencana alam.
Meski begitu, sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaksanakan sekolah lapang geofisika di Kota Pariaman guna meminimalisasi dampak gempa dan tsunami terhadap warga di daerah itu.
Walikota Pariaman H Genius Umar menyatakan, anggota BPBD Kota Pariaman selalu melakukan tugas dengan baik dilapangan untuk menjaga keselamatan para pengunjung sepanjang pantai Kota Pariaman.
“Salah seorang anggota BPBD Kota Pariaman meninggal dunia saat melaksanakan tugasnya. Kita mendoakan beliau semoga salah seorang anggota BPBD Kota Pariaman, Ronal di Simpang Apar meninggal dunia saat bertugas sebagai pengamanan Pesta Pantai Gandoriah selama libur lebaran pekan lalu. Kita do’akan semoga Almarhum khusnul khotimah dan diterima di Sisi Allah SWT. Amiin ya Allah,” tambah Genius Umar. (efa)

Exit mobile version