Mahasiswa Komunikasi ISI Gelar Pameran di Jam Gadang

BUKITTINGGI, METRO – Puluhan mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (Prodi DKV) Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang buat terobosan menggelar dua pameran sekaligus di pedestrian taman Jam Gadang, Sabtu pagi hingga malam hari (22/6).
Sedangkan, temanya “Membangun kesadaran dari sendiri terlebih dahulu”, sebelum kita memberikan sebuah edukasi ataupun sebuah penyuluhan kepada masyarakat mengenai tentang kebersihan itu sendiri ataupun tentang objek wisata itu sendiri.
Pemandu prodi DKV, Ary Leo Bermana mengatakan, seperti digambarkan melalui tampilan-tampilan poster-poster yang ada ini, menggambarkan kepedulian terhadap kebersihan yang berada di kawasan objek-objek wisata. Salahsatunya di pedestrian taman Jam Gadang. Poster-poster ini menggambarkan tentang cara menjaga kebersihan dengan tidak mengkotori objek dengan membuang sampah di sembarang tempat, kegiatan yang diadakan mahasiswa prodi DKV angkatan 15 adalah menyentil masyarakat untuk berpilaku bersih terhadap lingkungan.
Suatu gambar, poster dapat mengartikan pengertian dan makna apa yang terlihat pada gambar, poster tersebut, dari sinilah mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan, betapa indahnya suatu objek wisata sekiranya bersih disektarnya.Dan sebaliknya jika sekitar objek wisata kumuh, maka akan menimbulkan berbagai macam problema atau opini di masyarakat.
Dan tema yang kedua menampilkan tampilan bentuk “Iklan komersil”, ini adalah mata kuliah studio 4, dengan mengangkat brand lokal seperti brand-brand UMKM. Sudah saatnya kini UMKM melejit seperti brand-brand asing, jika dibandingkan produknya tidak kalah jauh dari produk asing. Melalui pameran lokal branding dari studio 4 ini memberikan edukasi, bahwasannya iklan tersebut seperti yang digambarkan pada tampilan ini.
“Mudah-mudahan melalui kegiatan pameran ini, kami dapat berkembang lebih lanjut, ini kami akan go public dan juga akan memberikan focus kepada Pemerintah bahwasannya mahasiswa DKV bisa dan dapat berbuat untuk bersama mempromosikan brand-brand local,” ucap Ary.
Ketua Pelaksana Pameran, Ghanta Vico Wigardha mahasiswa semester 6 angkatan 16 mengatakan, pameran ini menunjukan kepada masyarakat untuk membuktikan membuat advertersing atau periklanan tidak seperti biasanya yang dikenal, bisa juga dibuat dengan totalitas atau kesungguhan hati berdasarkan edukasi yang didapat dalam perkuliahan.
Pameran biasanya digelar di dalam kampus, tapi kali ini digelar diluar kampus yaitu di pedestrian taman Jam Gadang, ini gebrakan baru DKV ISI Padang Panjang. Sebagai bentuk wujud kaum intelektualitas memperkenalkan hasil karya-karya yang dibuat kepada masyarakat dan juga kepada pemerintah daerah, apa yang dibuat melalui tampilan gambar, poster ini menggambarkan kebersamaan institusi perguruan tinggi bersama Pemerintah untuk memajukan brand-brand lokal.
Kata Ghanta, pameran ini sekalian untuk mata kuliah dan terus menggelar pameran setiap semester. Sekiranya dalam pameran ini pihak podusen atau UMKM terpikat, dapat kami melayani untuk mengerjakan dalam bentuk poster iklan.
”Pembuatan dalam satu bentuk iklan, tentunya mendalami lebih dahulu pengertian produksinya, dan kombinasi pewarnaan dalam bentuk iklan itu juga mempunyai arti tersendiri, jadi melalui visual bentuk iklan dapat membawa pengaruh pada penglihatan konsumen agar tertarik,” ujar Ghanta. (u)

Exit mobile version