Abu Pembakaran PLTU Sijantang Diteliti

SAWAHLUNTO, METRO – Dandim 0310/SS Letkol INF Dwi Putranto melalui para Babinsa-nya di Wilayah Koramil 05/ Talawi melaksanakan uji penelitian dengan menebar Deskomposer BIOS 44 pada abu sisa pembakaran PLTU Sijantang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto Sumbar. Uji penelitian ini untuk memberikan solusi dan mengantisipasi limbah B3 sisa abu pembakaran PLTU Sijantang supaya bisa ditanami dan dapat dimanfaatkan oleh petani.
Gagasan ini disambut baik pihak Manajer PLTU pada saat kunjungan dan pendampingan Kepala Dinas Lingkungan hidup Kota Sawahlunto Adrius Putra SPt beserta jajaran dan Kabid Perkebunan Yunasril serta dari pihak PLTU Manager SDM Ahmadi, Kabag LH Indira beserta staf ke Demplot uji penelitian sisa pembakaran PLTU Sijantang dengan menggunakan Bios 44 pada pekan lalu.
“Uji penelitian ini masih dalam proses guna memberi solusi limbah B3 abu sisa pembakaran PLTU Sijantang yang berkepanjangan dengan menggunakan Deskomposer bios 44, untuk itu kami adakan penelitian dengan menanam jagung yang mana hasilnya nanti akan di uji kembali di laboratorium untuk mengetahui kandungan dari jagung tersebut hingga dapat di konsumsi,” imbuh Adrius Putra.
Kepala Dinas Lingkungan hidup Kota Sawahlunto Adrius Putra S. Pt sangat mengapresiasi langkah Komandan Korem (Danrem) 032 Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arif Wibowo beserta jajaran dengan menggunakan Deskomposer BIOS 44 pada media tanam abu sisa pembakaran PLTU Sijantang.
“Kami sangat mengapresiasi langkah ini guna mencari jalan keluar permasalahan limbah B3 sesuai peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Mudah-mudahan hal ini dapat berdampak positif sehingga abu sisa pembakaran PLTU Sijantang dapat di manfaatkan,” ujar Kadis Lingkungan Hidup kota Sawahlunto. (zek)

Exit mobile version