FH-UA Diharapkan Tingkatkan Integritas

SOLSEL, METRO – Wakil Bupati Solok Selatan (Solsel) H Abdul Rahman, menyampaikan harapan terhadap kampus almamaternya yaitu Fakultas Hukum Universitas Andalas (FH-UA), harapan ini disampaikannya dalam sesi wawancara dengan tim assesor dari Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) di Kampus Limau Manis Padang, Jumat (21/6).
Abdul Rahman berharap, salah satu yang harus terus ditingkatkan dan dijaga dalam dunia akademik adalah pendidikan tentang nilai-nilai integritas. Karena integritas inilah yang diharapkan mampu melahirkan pribadi pribadi yang jujur dan bertanggungjawab nantinya di dunia kerja.
“Dulu ketika saya kuliah di FH-UA, dosen-dosen selalu mengajarkan tentang nilai-nilai integritas ini. Hal ini sangatlah berkesan dan memberikan arti positif dalam kehidupan kami, dan perlu untuk terus diajarkan pada masa ini,” ujar Wabup Solsel melalui rilis humas, Minggu (23/6) terkait kesan dan harapannya tentang FH-UA di hadapan para Assesor.
Selain itu, ia juga menyampaikan, agar materi-materi perkuliahan lebih diperbanyak kepada materi-materi aplikasi yang nantinya akan dibutuhkan dalam dunia kerja. Sama dengan alumni lainnya, Wabup juga mengatakan kebanggaannya pernah mengenyam pendidikan di FH-UA yang telah melahirkan banyak orang-orang penting yang memegang peranan penting di berbagai sektor
“Kami semua bangga pernah kuliah di FH-UA, bangga melihat pesatnya perkembangannya saat ini. Para Alumni banyak yang memegang peranan strategis, ada di Mahkamah Konstitusi, Kejaksaan, Pengacara, Pemerintahan, Akademisi, Pengusaha, dan sektor lainnya,”ungkap Wabup yang seangkatan dengan Saldi Isra (Hakim MK) dan juga Busra Azheri (Dekan FH-UA) itu.
Kehadiran Wabup yang juga alumni Fakutas FH-UA, memenuhi undangan Dekan Fakultas tersebut dalam rangka melakukan wawancara dengan Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang sedang melakukan asesmen lapangan di kampus FH-UA Limau Manis Padang, Jum’at 21/6.
Asesmen sendiri dilakukan sebagai salah satu tahap dari proses akreditasi dalam bentuk verifikasi, validasi, dan melengkapi data dan informasi yang disajikan dalam evaluasi-diri dan borang, serta melakukan penilaian lapangan di program studi yang bersangkutan.
Tim asesor BAN-PT yang beranggotakan Dr. Kartono (Universitas Jendral Soedirman) serta Prof Ilyas Ismail (Univ. Syiah Kuala) tersebut, melakukan wawancara kepada pihak-pihak eksternal yang nantinya diharapkan akan mendukung proses penilaian akreditasi.
Turut diwawancarai Wakil Rektor III UIN Imam Bonjol Padang Ikhwan, Sekretaris Perusahaan Bank Nagari Yasrizal, Pengusaha PT Kunango Jantan H Asril, Pejabat Pemprov Jefrinal Arifin, serta belasan alumni lainnya. (afr)

Exit mobile version