Hasil Perolehan Suara Sementara DPRD Padangpajang, PAN Peluang Rebut Ketua, PPP Tersingkir

PADANGPANJANG, METRO – Perolehan suara sementara partai politik (Parpol) pada perebutan kursi legislatif DPRD Kota Padangpanjang periode 2019-2024 ini sudah mulai terkuak kader parpol mana yang duduk di parlemen tersebut. Parpol matahari terbit mendapatkan 4 kursi di DPRD, Partai Amanat Nasional (PAN) berpeluang bakal merebut jabatan Ketua dari Partai Golongan Karya (Golkar). Akumulasi dari berbagai sumber data yang dihimpun, perolehan suara PAN di dua daerah pemilihan (Dapil) yang ada, berhasil mengantarkan 4 calon legislatif (Caleg). Sementara keberhasilan Golkar oleh 3 calegnya, yakni dua di Dapil Padangpanjang Barat dan satu lainnya di Padangpanjang Timur.
Demikian juga halnya dengan Gerindra  dan Partai NasDem yang masing-masing di Dapil Padangpanjang Barat diraih dua Caleg dan satu di Padangpanjang Timur, diprediksi bakal menduduki kursi Wakil Ketua DPRD. Hal ini sekaitan dengan akumulasi perolehan suara, Gerindra dan NasDem melebihi total perolehan Partai Golkar.
Sementara 4 dari 12 kursi yang tersisa di Dapil Padangpanjang Barat, bakal diisi masing-masing PKS, PBB, PKB dan Demokrat. Sedangkan di Dapil Padangpanjang Timur, 6 kursi yang tersisa bakal diisi Golkar, Gerindra, PKS, PBB, NasDem dan Demokrat.
Menyikapi hasil penghitungan cepat banyak kalangan di kota berhawa sejuk itu, Liaison Officer (LO) Partai PAN menilai sebagai suatu yang belum dapat dijadikan acuan. Perolehan suara akan diketahui secara pasti untuk jadi pegangan semua pihak, yakni setelah melewati tahapan Pleno penghitungan tingkat kota oleh KPU. “Saya juga mendengar, bahwa hasil quick count di luar banyak versi. Namun untuk lebih pastinya, tentu kita akan menunggu hasil rekap di kecamatan selesai dan dilanjutkan nantinya di tingkat kota sebagai dasar pelaksanaan Pleno oleh KPU,” jawab Alfiradi melalui selulernya.
Mardiansyah Siap Duduki Kursi Ketua DPDR
Sementara itu PAN yang berhasil mendapatkan 4 kursi  di DPRD  Kota Padangpanjang, memastikan salah satu kader PAN akan menduduki kursi Ketua DPRD.  Sesuai mekanisme partai PAN, nama Mardiansyah berpeluang besar untuk menahkodai DPRD Padangpanjang, yang saat ini juga menjabat sebagai Sekretaris  Dewan Pimpiman Daerah (DPD) PAN  Kota Padnagpanjang.
Terpisah, Mardiansyah ketika dikonfirmasi sebagai calon kuat  Ketua DPRD Padangpanjang, mengungkapkan, penghitungan suara hingga saat ini masih berlangsung.  “ Artinya, jika PAN mendapatkan 4  kursi, tentunya kita akan ikuti mekanisme partai. Kita lihat bagaimana nanti lah. Kita tunggu hasil penghitungan dan pengumuman KPU. Insya Allah, saya siap untuk  menjabat sebagai Ketua DPRD untuk membawa perubahan yang lebih baik lagi,” ungkap Mardiansyah.
 Meskipun  data perolehan suara pemilihan legislatif Kota Padangpanjag, masih  hitungan sementara, Mardiansyah mengatakan, ribuan terima kasih pada masyarakat  dan kader PAN  Padangpanjang, sudah menentukan pilihannya dan berpartisipasi untuk menggunakan hak suara serta  mengantarkan dirinya  menjadi salah satu perwakilan rakyat .  “ Ini sebuah amanah yang harus dipertangungjawabkan,” sebutnya.
Wajah Lama
Berdasarkan akumulasi pantauan perolehan suara masing-masing Caleg parpol pada setiap kelurahan, baik Dapil (1) Padangpanjang Barat maupun Dapil (2) Padangpanjang Timur, masih didominasi wajah-wajah lama (table). Sebanyak 12 kuota kursi pada Dapil (1) Padangpanjang Barat, tujuh wajah lama yang diprediksi tetap bertahan yakni Imbral (Nasdem), Hukemri (PAN), Mahdelmi (Golkar), Yudha Prasetya(Gerindra), Hendra  Saputra(PBB), Nasrullah Nukman(PKS) dan Erizal (PAN).
Sementara lima muka baru yang diprediksi akan berkantor di Kampung Jambak berdasarkan hitung cepat yakni, Herman (PKB), Micko Kirstie (Nasdem), Yovan Fadaya Remindo (Golkar), Nasrul Effendi (Demokrat) dan Reza Aditya Nugraha (Gerindra).
Sedangkan delapan kursi di Dapil 2 yang meliputi Kecamatan Padangpanjang Timur, sejumlah wajah lama juga bakal kembali mewarnai parlemen di kota berhawa sejuk itu. Masing-masing Yulius Kaisar (Gerindra), Puji Hastuti (Demokrat) , Idris (PKS), Novi Hendri (Golkar), dan Adityawarman ( PBB). Dan tiga wajah baru yang bakal melenggang ke gedung rakyat dari dapil ini yakni, Zulfikri (PAN), Kiki Anugerahdia (Nasdem) dan Mardiansyah (PAN).
Namun sejumlah kalangan masih memprediksi akan terjadi persaingan sengit antar caleg  hingga keluarnya rekapitulasi resmi dari KPU Kota Padangpanjang untuk kursi kedelapan di Dapil II Padangpanjang Timur dan kursi keduabelas Dapil Padangpanjang Barat .
Sementara itu, Ketua KPU Kota Padangpanjang, Octa Novisyah mengatakan hingga saat ini rekapitulasi perolehan suara tingkat PPK masih berlangsung dengan rentang waktu yang diberikan hingga 4 hari mendatang.
“Terkait dengan hasil yang beredar saat ini, kami no comment. Hasil pastinya, paling tidak baru dapat terlihat setelah proses rekap di tingkat kecamatan selesai dilakukan. Insya Allah, dalam bulan ini juga semua tahapan rekap selesai selama tidak ada koreksian dari Bawaslu,” sebut Octa. (rmd)

Exit mobile version