Input Data ke Situng Tanpa Intervensi, Entri Data Penghitungan  Suara KPU Pasaman

PASAMAN, METRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman terus memburu siang dan malam melakukan pengecekan entri data ke Sistem Informasi Penghitungan (Situng). Data yang dientri ini merupakan data penghitungan suara di TPS se-Pasaman.
Pantauan entri data Situng Kabupaten Pasaman ini dilakukan di Media Center KPU Pasaman, Lubuk Sikaping, dimulai Kamis (18/4) dan terus berlanjut sampai kemarin. Pengecekan Kegiatan Pengentrian ini dilakukan langsung Ketua KPU Pasaman Rodi Andermi didampingi anggota KPU Pasaman Eria Candra, Juli Yusran, Ajriaman dan Taufiq.
Entri data ini dilakukan petugas Verifikator dan Petugas Operator Situng yang telah ditetapkan KPU Pasaman. Mereka melakukan pengentrian dengan beberapa tahapan. Pengentria data ini langsung diawasi ketua KPU Sendiri.
Di awal, mereka melakukan pengecekan atau memverifikasi kelengkapan data formulir C1 (hasil penghitungan suara TPS) yang dikirim dari tingkat kecamatan. Di antaranya, model C1 Presiden, C1 DPR, C1 DPRD Kabupaten, C1 DPRD Provinsi, dan C1 DPD.
Setelah proses verifikasi oleh petugas Verifikator, data tersebut dientri atau dimasukkan ke dalam Situng oleh operator. Total terdapat 31 orang yang melakukan tugas ini. Mereka terbagi untuk mengentri data seluruh TPS pada 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman.
Rodi Andermi mengatakan, proses pengentrian ini dilakukan terpusat di Media Center untuk seluruh Kecamatan yang telah menyerahkan salinan C1 di TPS. Lebih lanjut, Rodi menyampaikkan, Pengentrian ini dilakukan pada satu tempat agar pengentrian data lebih mudah dan dapat terkontrol maksimal.
“Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) hanya mempercepat proses Informasi, Situng hanya membantu alat Kontrol namun bukan Hasil Resmi yang ditetapkan KPU. Hasil Resmi ditetapkan Oleh KPU secara berjenjang dalam Rapat Pleno terbuka dan dituangkan dalam Berita Acara yang sah dan resmi,” kata Rodi.
Rodi tersebut, memastikan seluruh pekerja dalam kondisi baik serta bekerja tanpa adanya tekanan dari berbagai pihak.
“Saya memastikan kerja kita yang transparan itu dilakukan secara terbuka, input datanya, semua bisa lihat hasilnya di Website pemilu2019.kpu.go.id dan saya pastikan bahwa semua petugas di sini dalam kondisi sehat, juga memastikan bahwa mereka bekerja tanpa ada intervensi dari siapa pun,” ujar Rodi. (cr6)

Exit mobile version