Wabup Tanahdatar Panen Ikan di Tabek Laweh

TANAHDATAR, METRO  – Panen ikan perdana, dalam kurun waktu yang cukup lama. Setelah 30 tahun lalu digadai sang pemilik. Pemiliknya adalah pengurus masjid. Tagadai karena kebutuhan untuk pembangunan masjid pada masa lalu. Namun setahun belakang sudah ditebusi.
Hal itu disampaikan Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma saat pelaksanaan panen ikan, di Tabek Laweh, Jorong Silabuak, Nagari Parambahan, Kecamatan Lima Kaum, Sabtu (14/4). Hasil panen ini, ucap Zuldafri, akan diberikan kepada masyarakat Silabuak, sebagai bukti bahwa Tabek Laweh sudah menjadi milik bersama dan hasil bisa dinikmati secara bersama pula.
”Empat bulan lalu bibit ikan dilepas. Saya rasa ikannya sudah cukup besar, panen hari ini diperkirakan sampai 500 kg dan kesemuanya dibagi untuk masyarakat yang telah diberikan kupon sebelumnya,” kata Zuldafri.
Di kesempatan itu Zuldafri mengungkapkan, lokasi Tabek Laweh itu akan dikembangkan menjadi wahana air yang bisa mendongkrak perekonomian masyarakat setempat. “Insya Allah, di lokasi tabek ini beberapa waktu lagi akan dilaksanakan pembangunan wahana air dengan alokasi dana awalnya telah dianggarkan Rp2 miliar. Nantinya masyarakat bisa berjualan di lokasi wahana dan tenaga kerja juga akan terserap,” katanya.
”Agar semua berjalan lancar untuk kebaikan kita semua, mohon dukungan masyarakat Silbuak, Parambahan dan Tanahdatar, bahkan tokoh masyarakat juga, sehingga wahana air bisa kita wujudkan dan bisa menambah destinasi wisata di Tanahdatar yang ramai dikunjungi wisatawan,” tukasnya.
Senada dengan Zuldafri, Wali Nagari Parambahan, Robi Yasdi menyampaikan, tentang rencana pengembangan wahana air di Jorong Silabuak telah berjalan sesuai yang diharapkan.
“Masyarakat sangat antusias untuk wujudkan wahana air ini, dan permasalahan ganti tanah sudah selesai dan direncanakan akan dikerjakan pekerjaan awalnya di bulan Juni atau Juli ini,” katanya
Ia juga mengapresiasi perhatian wabup kepada kampung halamannya. “Kegiatan panen hari ini sebagai bukti beliau sangat perhatian dan dekat dengan masyarakat kampungnya dan turun langsung ke kolam menangkap ikan yang beliau tebarkan benihnya 4 atau 5 bulan lalu,” kata Robi.
Sementara itu salah seorang tokoh masyarakat Silabuak Parambahan Amzul menyampaikan terima kasih atas dukungan dan perhatian wabup kepada kampung halamannya.
“Panen hari ini merupakan buah dari bantuan pak wabup beberapa waktu lalu, dan sekarang di panen serta dibagikan kepada masyarakat. Ini salah satu bukti nyata perhatian beliau disamping banyak program lainnya yang salah satunya rencana pembangunan wahana air. Atas nama masyarakat saya ucapkan terima kasih,” pungkasnya. (ant)

Exit mobile version