Kompol Syafrizen SH menjadi Narasumber, Ratusan Maba Universitas PGRI Sumbar Dibekali Bela Negara

PLAKAT CENDERA MATA—Rektor Universitas PGRI Sumbar Prof. H. Ansofino. M.Si. serahkan penghargaan dan plakat sebagai cendra mata kepada Kompol Syafrizen, saat menjadi narasumber di hadapan mahasiswa baru (Maba), kemarin.

PADANG, METRO–Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono. S. Ik, SH, melalui Direktur Binmas Polda Sumbar Kombes Pol Teddy Rayendra. S. Ik, SH. M. H diwakili oleh Plt. Kasubditbintisos Ditbinmas Polda Sumbar, Kompol Syaf­rizen SH sebagai nara sumber tema Bela Negara sebagai pembekalan mahasiswa baru (Maba) tahun ajaran 2024/ 2025 Universitas PGRI Sumbar.

Di hadapan sekitar 900-an orang  mahasiswa/wi dan dihadiri Rektor dan Wakil Rektor serta para dosen civitas akademika Universitas PGRI Sumbar kali ini justru jadi ajang pembuktian bagi Syafrizen untuk bisa menyampaikan pemaparanya dengan tema “Kehidupan Berbangsa Bernegara dan Pembinaan Bela Negara”.

Bertempat di Covention Center Gedung PGRI Sumbar, pada Rabu (18/9), Syafrizen menerangkan Konsep Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yakni negara kesatuan, Pancasia, hak dan kewajiban sebagai warrga negara.

“Alhamdulillah 900-an orang mahasiswa baru Unpgri Sumbar dari bahan yang kami paparkan dapat memahami Nilai-nilai luhur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bentuk-bentuk partipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diantaranya berpartipasi dalam pemilu, terlibat dalam kegiatan sosial, berpartisipasi dalam kegiatan lingku­ngan dan pengabdian kepada ma­syarakat,” ujar Syafrizen,

Dikatakan Syafrizen,  macam-macam ancaman terhadap kedaulatan negara mulai dari ancaman ideologi, ekonomi dan ancaman sosial budaya. Dan tak kalah pentingnya Syafrizen juga memaparkan peran pemuda dalam pembinaan kesadaran bela negara serta implementasi pembinaan kesadaran bela negara di lingkungan masyarakat.

“Kami juga mengulas menjaga keutuhan NKRI melalui kesadaran bela negara,” sebutnya.

Di akhiri dengan sesi tanya jawab dengan perwakilan  tiga orang mahasisw / wi baru  yaitu Syahrul Hadi, Adinda,dan Ftri Dinata menanyakan tentang materi yang dipaparkan nara sumber.

Semenatara Rektor Universitas PGRI Sumbar  Prof. H. Ansofino. M.Si. didampingi Wakil Rektor III. Jarudi. M.A. Ph.D mengaku puas dengan paparan Syafrizen tentang bela negara.

“Kami berikan apresiasi pada beliau yang sudah memaparkan tentang konsep bela negara kepada mahasiswa baru kami. Mudah mudahan dengan kegiatan ini akan menjadi sitawa sidingin bagi mereka dalam berkehiudpan berbangsa. Selalu mencintai NKRI,” ujar  Ansofino.

Selesai giat Rektor Universitas PGRI Sumbar  Prof. H. Ansofino. M.Si. didampingi Wakil Rektor III. Jarudi. M.A. Ph.D dan  Moderator. Dekan FISHum .  Dr. Erna Juita. S.Pd. M.Si memberikan penghargaan dan plakat sebagai cendra mata kepada Kompol Syafrizen. SH Datuk Rang Batuah Plt. Kasubdit Bintibsos Dit Binmas Polda Sumbar. (ped)

Exit mobile version