Bawaslu Pessel: Setiap Paslon Harus Ikuti Aturan, Jangan Melanggar

PESSEL METRO–Mengantisipasi kecurangan, dan memastikan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024, jujur, adil dan transparan. Bawaslu Pesisir Selatan mengajak seluruh elemen masyarakat, partai politik, paslon bupati dan wakil bupati, dan pihak terkait bersama mengawasi setiap tahapan Pilkada serentak tahun 2024. Khususnya, pada tahapan kampanye.

Hal itu disampaikan Bambang Putra Niko, Divisi Hukum dan Penyelesain Sengketa Pemilu Bawaslu Pessel, saat membuka acara sosialisasi pengawasan masa kampanye pada pemilihan serentak tahun 2024, Kamis (19/9/2024) di Triza Hotel Rawang Painan.

Hadir juga Kepala Sekretaris Bawaslu Pessel Rinaldi, Azhari Kepala Sub Bagian Administrasi, Forkopimda Pessel, Penggurus Partai Politik, Kepala OPD terkait. Dan, Panwascam, MUI, STAI MA Bayang, Organisasi Disabilitas.

Ketua Pelaksana Azhari Kepala Sub Bagian Administrasi Bawaslu Pessel, menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan sosialisasi pengawasan masa kampanye pada pemilihan serentak tahun 2024, menjalin kemitraan dengan seluruh stek holder terkait di Kabupaten Pesisir Selatan, bersama menyukseskan Pilkada serentak tahun 2024.

Selain itu juga, Azhari kegiatan untuk memberikan pemahaman dan informasi pada masyarakat, mengajak partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan kampanye yang adil dan transparan, memberikan edukasi pada masyarakat, membangun kepercayaan publik, menjaga lingkungan yang kondusif, aman dengan koordinasi serta dialog dengan tim kedua pasangan calon. Serta, menjalin kemitraan dengan stek holder.

Sementara itu Ketua Bawaslu Pessel, diwakili Bambang Putra Niko, Divisi Hukum dan Penyelesain Sengketa Pemilu Bawaslu Pessel, menyampaikan beberapa tahapan Pilkada serentak tahun 2024, baik sedang berjalan maupun akan berjalan.

Saat ini telah dilaksanakan pemuktahiran data pemilih (Coklit), yang mana KPU Peseel segera menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Setiap tahapan Pilkada, Bawaslu Pessel telah melaksanakan pengawasan. Baik, saat pendaftaran, perbaikakn syarat administrasi kedua paslon. Hingga, masa penetapan paslon, maupun pengambilan no urut paslon, dan pelaksanaan masa kampanye.

” Maka, perlu kita maksimalkan. Bagaimana pengawasan masa kampanye, bersama seluruh elemen terkait. Dan, Bawaslu Pessel akan laksanakan itu,” tegas Bambang Putra Niko.

Bambang juga mengajak kita semua yang hadir, memeriakan demokrasi, agar berjalan adil, akuntabel dan aman. Tentunya ini menjadi tanggung jawab bersama, agar Pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Pesisir Selatan berjalan jujur, jauh dari praktek kecurangan.

Bawaslu Pesisir Selatan, akan melaksanakan pengawasan sebagai upaya pencegahan hal tersebut, ” sampai Bambang Putra Niko.

” Jangan takut untuk melapor jika ada dugaan pelanggaran dalam setiap tahapan Pilkada, khususnya pada masa kampanye. Maka, Parpol, stek holder, dan masyarakat agar dapat bekerjasama, bersama menjaga kepatuhan terhadap aturan yang berlaku,” tegas Divisi Hukum dan Penyelesain Sengketa Pemilu Bawaslu Pessel.

Lebih lanjut, kita dari Bawaslu Pessel melakukan evaluasi, pengawadan Pilkada serentak tahun 2024, maupun Pemilu serta Pilkada di tahun – tahun berikutnya. ” Mari kita ikuti acara ini sampai selesai”. Tekuk nya.(rio)

Exit mobile version