Tetapi, pihak public relations (PR) nya Apple memiliki cara untuk membentuk citra baik dan bias menarik kembali pelanggan dengan baik. Berikut cara-caranya:
- Dengan membuat produk ini dijual secara terbatas pada awal muncul dan membuat produk ini langka. Hal tersebut menjadi daya tarik yang besar bagi masyarakat yang ingin tau terhadap smartphone ini dan berbondong-bondong untuk membeli smartphone tersebut.
- Public Relations (PR) nya Apple juga membuat iklan tentang smartphone tersebut diiringi dengan fitur yang canggih seperti fitur AI (ArtificalInteligence) beserta Dynamic Island. Iklan tersebut dapat mempengaruhi masyarakat menjadi penasaran apa saja fitur yang menarik dari Iphone 15 tersebut dengan menyebarluaskan iklan ke platform digital seperti Instagram, TikTok, dan Youtube. Bahkan, iklan tersebut kini telah sampai ke siaran televisi Indonesia yang membuat masyarakat diseluruh dunia penasaran dan ingin membeli smartphone tersebut.
Contohnya pada platform Youtube dimana setiap konten yang memiliki penonton dan jumlah like yang banyak maka ketika konten tersebut memiliki iklan rata-rata iklan tersebut didominasi oleh iklan Apple tentang fitur-fitur menarik di Iphone 15 tersebut. Bisa kita lihat disini bahwa pihak PR dari Apple berhasil meningkatkan citra dan mempertahankan penjualan di industry smartphone dunia dengan baik.
REFERENSI
EllindaFebrianty, Hery Pudjoprastyono, &ReigaRitomieaAriescy. (2023, October 15). PengaruhKualitasProduk, Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone: ResearchGate; Institut Agama Islam Nasional Laa Roiba Bogor. iPhone 15 Pro and iPhone 15 Pro Max. (2023). Apple (Indonesia). Kent, J. (2020, December 8). How Does Apple Use Public Relations? | PR Superstar. PR Superstar. (***)